Bias Gender dalam Berita Politik Selama Periode Masa Kampanye Pemilu 2024

Arla Yogandini, Sabina (2024) Bias Gender dalam Berita Politik Selama Periode Masa Kampanye Pemilu 2024. Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (258kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (298kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (603kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (312kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (249kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (255kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (341kB)

Abstract

Hingga saat ini, bias gender dalam berita politik masih menjadi permasalahan. Sejumlah penelitian yang dilakukan di Austria, Belgia, Nigeria, dan Argentina telah menunjukkan bahwa meskipun keterwakilan perempuan dalam politik meningkat, bias gender dalam pemberitaan masih terlihat. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk meneliti seberapa besar perbedaan antara laki-laki dan perempuan terhadap narasumber dan objek berita politik di media Detik.com selama periode masa kampanye 2024. Penelitian dengan metode analisis isi kuantitatif terhadap 376 berita ini menggunakan salah satu model dari machine learning, yakni Large Language Models (LLM) untuk membantu mengidentifikasi nama dan gender yang ada pada setiap berita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa laki-laki yang muncul dalam berita mencapai 91,1%, sedangkan perempuan hanya muncul sebanyak 8,9% saja. Dengan adanya penelitian ini dapat disimpulkan bahwa laki-laki diberi kesempatan yang lebih banyak untuk dijadikan sebagai narasumber dan objek berita jika dibandingkan dengan perempuan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Creators: Arla Yogandini, Sabina (00000047845)
Contributors: Wibowo Octavianto, Adi
Keywords: Bias Gender, Berita Politik, Narasumber, Objek Berita
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 070 News Media, Journalism and Publishing
Sustainable Development Goals: Goal 10 Reduce inequality within and among countries
Goal 16. Promote peaceful and inclusive societies for sustainable development, provide access to justice for all and build effective, accountable and inclusive institutions at all levels
Goal 05. Achieve gender equality and empower women
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
Date Deposited: 12 Nov 2024 11:36
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34696

Actions (login required)

View Item View Item