Amirah Fakhira, Velda (2024) Pengaruh Attitudes Towards Behaviour, Subjective Norms, dan Perceived Behavior Control terhadap Entrepreneurial Behavior melalui Behavioral Intention pada pelaku UMKM Perempuan Bidang Kuliner yang Inovatif di Kota Tangerang. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (4MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (2MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (3MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (4MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (1MB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (1MB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Abstract
Pertumbuhan bisnis kuliner di Indonesia berkembang semakin pesat menyebabkan persaingan bisnis semakin ketat. Pebisnis perempuan dan laki-laki memiliki perilaku yang berbeda dalam menghadapi permasalahan tersebut. Perempuan cenderung memiliki kemampuan, keterampilan, dan kreativitas yang lebih tinggi dalam bidang kuliner dibandingkan laki-laki sehingga mereka lebih mampu berinovasi dalam rangka menghadapi permasalahan tersebut. Namun, perilaku tersebut tidak dapat ditemui pada pelaku UMKM perempuan dalam bidang kuliner di Kota Tangerang. Berdasarkan Theory of Planned Behavior, pelaku UMKM perempuan di Kota Tangerang yang bergerak di bidang kuliner memiliki attitudes towards behavior dan perceived behavioral control lebih rendah dibandingkan laki-laki sehingga niat untuk berwirausaha serta kontrol perilaku dalam menghadapi masalah bisnis cenderung rendah. Selain itu, aspek subjective norms pada pelaku UMKM perempuan di Kota Tangerang juga cukup rendah karena kemampuan mereka dalam berbisnis kuliner belum mendapatkan pengakuan dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perilaku pelaku UMKM perempuan di Kota Tangerang dalam menghadapi permasalahan terkait tingginya persaingan dalam bidang kuliner dengan menggunakan landasan Theory of Planned Behavior. Metode penelitian ini ialah metode Conclusive Research dengan pendekatan descriptive research. Penelitian dilakukan pada 150 responden yang merupakan perempuan yang memiliki bisnis kuliner kekinian atau inovatif yang berada di Kota Tangerang menggunakan instrumen google form. Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa Attitudes Towards Behavior memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Entrepreneurial Behavior melalui Behavioral Intention. Selanjutnya, Subjective Norms memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Entrepreneurial Behavior melalui Behavioral Intention. Lalu, Perceived Behavioral Control memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Entrepreneurial Behavior dan Behavioral Intention memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap Entrepreneurial Behavior.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Entrepreneurial Behavior, Attitudes Towards Behaviour, Subjective Norms, Perceived Behavioral Control, UMKM, Bidang Kuliner. |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 11:42 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 11:42 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34717 |
Actions (login required)
View Item |