Ponco Suryo, Fajar (2024) Perancangan Pencahayaan dan Shader Bergaya Stylized dalam Film Animasi Pendek "Take Away". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (353kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (612kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (8MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (26MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (398kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (223kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (962kB) |
Abstract
Proses perancangan Lighting dalam animasi 3D merupakan salah satu tahap yang penting dalam tahapan produksi animasi. Dengan tahap ini, tiap bagian animasi menjadi lebih mencolok karena penataan cahaya yang digunakan. Dengan kata lain, penataan cahaya yang menarik dapat mempercantik gambar yang kita hasilkan, terutama dalam animasi 3D. Shaders merupakan unsur penting untuk menghasilkan permukaan objek - objek yang kita buat. Dalam animasi 3D, sebuah objek tidak memiliki warna langsung, penggunaan shaders dan textures membantu untuk merealisasikan objek yang ingin kita capai. Penulis menyampaikan proses perancangan lighting dalam scene untuk mencapai suasana siang dan malam, dan juga pembuatan materials untuk permukaan pada objek - objek yang sesuai direncanakan. Skripsi ini membicarakan hal tersebut dari Landasan Teori sebagai acuan, Metode Penelitian sebagai riset dan observasi, serta analisis karya dari Alberto Mielgo seperti The Witness (2019) dan Windshield Wiper (2021) sebagai pembahasan dalam proses perancangan pencahayaan serta pembuatan materials melalui shaders, textures, dan normal maps. Film "Take Away" memiliki bentuk visual yang gelap. Hal ini diperkuat dengan penggunaan hand-painted texture sebagai penguat visual dan penataan cahaya yang meliputi visual shaping, teknis pencahayaan seperti one-point lighting, two-point lighting, three-point lighting dan penggunaan kontras agar film terasa dapat dipercayai. Pada saat akhir proses penulisan, film "Take Away" menjadi produk dari eksperimen dan eksplorasi teknis serta visual dari pembahasan.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Lighting, Stylized, Materials, Visual Shaping, Film Animasi |
Subjects: | ?? N1 ?? |
Divisions: | Faculty of Art & Design > Film & Animation |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 11:46 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 11:46 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34736 |
Actions (login required)
View Item |