⭐ Michelle, Michelle (2024) Resepsi Penonton Generasi Z terhadap Pesan Kesetaraan Gender dalam Film "Barbie" (2023). Bachelor Thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
|
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
|
PDF
BAB_I.pdf Download (316kB) |
|
|
PDF
BAB_II.pdf Download (233kB) |
|
|
PDF
BAB_III.pdf Download (63kB) |
|
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
|
PDF
BAB_V.pdf Download (57kB) |
|
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana Generasi Z merespon dan meresepsikan pesan kesetaraan gender yang diungkapkan dalam film Barbie yang dirilis pada tahun 2023. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana film Barbie sebagai media massa menyampaikan nilai-nilai kesetaraan gender dan bagaimana hal tersebut diterima oleh Generasi Z Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan wawancara secara mendalam terhadap empat penonton Generasi Z yang telah menyaksikan film Barbie (2023). Data yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis resepsi encoding-decoding Stuart Hall untuk mengidentifikasi pola-pola utama dalam persepsi mereka terhadap pesan kesetaraan gender dalam film tersebut. Berdasarkan interpretasi yang diperoleh dari wawancara mendalam, peneliti kemudian akan mengidentifikasi posisi decoding (penerimaan yang dinegosiasi, berlawanan, & penerimaan yang dominan) dari penonton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar penonton Generasi Z menangkap dan menghargai pesan kesetaraan gender yang disampaikan melalui film Barbie tersebut. Namun, terdapat penonton yang memiliki pandangan pribadi juga. Pandangan yang dihasilkan disesuaikan dengan latar belakang dan pengalaman penonton.
| Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
|---|---|
| Creators: | Michelle, Michelle (00000048144) |
| Contributors: | Monik Agustin, Sari (0326087604) |
| Keywords: | Teori Resepsi, Generasi Z, Kesetaraan Gender, Film Barbie (2023) |
| Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
| Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
| Date Deposited: | 12 Nov 2024 11:47 |
| URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34737 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |
