Michelle, Michelle (2024) Resepsi Penonton Generasi Z terhadap Pesan Kesetaraan Gender dalam Film "Barbie" (2023). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (316kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (233kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (63kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (379kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (57kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (206kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (642kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memahami bagaimana Generasi Z merespon dan meresepsikan pesan kesetaraan gender yang diungkapkan dalam film Barbie yang dirilis pada tahun 2023. Penelitian ini mengeksplorasi bagaimana film Barbie sebagai media massa menyampaikan nilai-nilai kesetaraan gender dan bagaimana hal tersebut diterima oleh Generasi Z Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivis. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan melakukan wawancara secara mendalam terhadap empat penonton Generasi Z yang telah menyaksikan film Barbie (2023). Data yang terkumpul dianalisis dengan metode analisis resepsi encoding-decoding Stuart Hall untuk mengidentifikasi pola-pola utama dalam persepsi mereka terhadap pesan kesetaraan gender dalam film tersebut. Berdasarkan interpretasi yang diperoleh dari wawancara mendalam, peneliti kemudian akan mengidentifikasi posisi decoding (penerimaan yang dinegosiasi, berlawanan, & penerimaan yang dominan) dari penonton. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar penonton Generasi Z menangkap dan menghargai pesan kesetaraan gender yang disampaikan melalui film Barbie tersebut. Namun, terdapat penonton yang memiliki pandangan pribadi juga. Pandangan yang dihasilkan disesuaikan dengan latar belakang dan pengalaman penonton.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Teori Resepsi, Generasi Z, Kesetaraan Gender, Film Barbie (2023) |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 11:47 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 11:47 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34737 |
Actions (login required)
View Item |