Perilaku Cyberbullying pada Fandom K-pop Army: Celebrity Worship Syndrome

Prameswari Jordania, Shellena (2024) Perilaku Cyberbullying pada Fandom K-pop Army: Celebrity Worship Syndrome. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (825kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (410kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (318kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (350kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Celebrity Worship Syndrome yang menjadi faktor utama dalam memetakan perilaku cyberbullying di kalangan fandom Army. Celebrity Worship Syndrome merupakan sebuah konsep yang menjelaskan tentang ketertarikan berlebihan terhadap seorang selebriti. Penelitian ini menjelaskan bagaimana Army sebagai penggemar BTS menunjukkan perilaku yang tidak dapat diterima oleh fandom lain melalui media sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengidentifikasi jenis-jenis perilaku cyberbullying yang ditunjukkan oleh Army yang dapat dilihat melalui beberapa perilaku seperti flaming, harassment, denigration, impersonation, outing & trickey, exclusion, dan cyberstalking. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode netnografi dengan data dikumpulkan dari tiga postingan pada akun @bitiesfess, @wayvenz, dan @heylufti_ yang lebih dominan diambil pada 26 April 2024 karena ramainya unggahan kebencian yang dilayangkan oleh Army terhadap fandom lain. Analisis data dilakukan menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menemukan bahwa Army cenderung berperilaku arogan, narsistik, dan merendahkan grup lain selain BTS. Bila dikategorikan sebagai jenis perilaku cyberbullying, perilaku mereka dapat dikategorikan pada perilaku flaming, harassment, dan denigration. Apa yang dilakukan oleh Army ini mencerminkan persaingan antar fandom yang sangat ketat dengan saling melemparkan ungkapan kebencian sehingga dapat memancing terjadinya perilaku cyberbullying.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Fandom Kpop, Media Social, Cyberbullying
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 11:53
Last Modified: 12 Nov 2024 11:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34767

Actions (login required)

View Item View Item