Perancangan Website Latihan Membaca untuk Anak dengan Disleksia Berusia 8-12 Tahun

Audriel Rayhan, Muhammad (2024) Perancangan Website Latihan Membaca untuk Anak dengan Disleksia Berusia 8-12 Tahun. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (267kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (635kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (255kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (379kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan membaca merupakan ilmu yang penting dalam kehidupan modern. Kurangnya kemampuan membaca seseorang dapat berpengaruh besar mulai dari kesuksesan dalam karir hingga kehidupan sosial. Hal ini lebih memprihatinkan terutama untuk anak dengan disleksia yang memiliki kesulitan dalam membaca. Disleksia adalah gangguan saraf yang membuat seseorang kesulitan melakukan proses decoding, biasanya dengan kata atau huruf. Dari 50.000.000 anak di Indonesia, sekitar 10% nya memiliki disleksia, sehingga permasalahan ini harus disorot agar memberikan anak disleksia media pembelajaran yang dapat membantu mereka. Oleh karena itu, perancangan website latihan membaca untuk anak dengan disleksia akan dibuat. Dengan mempraktikkan metode perancangan Design Thinking dan melakukan wawancara ahli serta dewasa disleksia, informasi yang didapatkan akan digunakan untuk merancang media yang memiliki visual adaptif dan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa anak dengan disleksia lebih menerima pembelajaran dengan baik ketika media belajar menggunakan metode multisensori, yaitu dengan menggunakan indra pendengaran, pengelihatan, dan motorik serta dibantu dengan pengaturan visual seperti penggunaan warna pastel yang terang, ukuran huruf, dan penggunaan typeface sans serif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Disleksia, Membaca, Perancangan
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 12:05
Last Modified: 12 Nov 2024 12:05
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34816

Actions (login required)

View Item View Item