Pengaruh Fear and Anxiety of Covid19 dan Opportunity Recognation terhadap Entrepreneurial Behaviour pada Pengusaha Rumah Makan yang Terkena Dampak Covid19 di Tangerang Raya

Jocelyn, Erin (2024) Pengaruh Fear and Anxiety of Covid19 dan Opportunity Recognation terhadap Entrepreneurial Behaviour pada Pengusaha Rumah Makan yang Terkena Dampak Covid19 di Tangerang Raya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (392kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (149kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (216kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (206kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (690kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (130kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas dampak Covid-19 terhadap pengusaha rumah makan di Tangerang Raya, dengan fokus pada faktor-faktor psikologis yang memengaruhi perilaku kewirausahaan. Pandemi Covid-19 telah menghadirkan tantangan baru bagi para pengusaha, mempengaruhi keyakinan diri, niat kewirausahaan, dan perilaku usaha. Penelitian ini penting karena menyoroti perubahan perilaku kewirausahaan dalam menghadapi situasi yang tidak pasti. Metode survei daring dilakukan terhadap 245 responden dengan kuesioner yang telah divalidasi, dan analisis dilakukan menggunakan perangkat lunak SmartPLS 4. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Business Opportunity Recognition memiliki pengaruh positif signifikan terhadap Entrepreneurial Intention, Self-Efficacy dan Entrepreneurial behaviour. Selanjutnya, ditemukan pengaruh positif yang signifikan antara Entrepreneurial Intention dan Entrepreneurial Behaviour. Pengaruh negatif antara Fear and Anxiety of Covid-19 terhadap Entrepreneurial Intention, Self-Efficacy dan Entrepreneurial behaviour dan terakhir, tidak terdapat pengaruh signifikan antara Self-Efficacy dan Entrepreneurial Intention. Kesimpulan penelitian ini menggarisbawahi bahwa pandemi telah berdampak signifikan terhadap sikap dan perilaku kewirausahaan para pengusaha rumah makan di Tangerang Raya. Faktor- faktor psikologis seperti Business Opportunity Recognition dan kecemasan terhadap Covid-19 turut berperan dalam membentuk niat dan perilaku kewirausahaan. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk memperkuat kesiapan psikologis dan dukungan bagi para pengusaha dalam menghadapi tantangan yang dihadapi selama pandemi.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: covid-19, entrepreneurial intention,business opportunity recognition, entrepreneurial behaviour, pengusaha rumah makan, kecemasan dan self-efficacy.
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 12 Nov 2024 12:08
Last Modified: 12 Nov 2024 12:08
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34830

Actions (login required)

View Item View Item