Cristian Angkasa, Vincent (2024) Perilaku Informasi Generasi Z dalam Mengakses Informasi Musik: Studi Kasus terhadap Gen Z di Jakarta dan Sekitarnya. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (488kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (132kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (257kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (146kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (721kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (117kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (187kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (394kB) |
Abstract
Perilaku mencari informasi telah mengalami perubahan yang dignifikan dalam beberapa tahun terakhir. Perubahan ini dipengaruhi oleh perkembangan teknologi dan perubahan preferensi generasi muda yang lebih memilih media non-berita sebagai sumber informasi. Perubahan tersebut membuat media berita tergantikan oleh media non-berita. Fenomena ini menciptakan perilaku baru dan pengalaman konsumsi informasi yang berbeda. Generasi Z sebagai generasi yang lahir di era digital lebih memilih menggunakan media sosial sebagai sumber utama informasinya. Hal ini disebabkan media sosial memiliki interaktifitas yang lebih tinggi dibandingkan media berita yang bersifat satu arah. Perubahan ini juga berdampak pada jurnalisme musik yang sebelumnya digemari, tetapi kini menghadapi tantangan besar dari influencer. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi perilaku mencari informasi Generasi Z dalam informasi musik dan memahami peran media berita dan non-berita dalam proses membentuk opini Generasi Z. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara mendalam pada audiens yang mencari informasi musik dan generasi Z di Jakarta dan sekitarnya. Hasil penelitian menunjukkan Generasi Z menggunakan media sosial sebagai sumber utama informasi musik, tetapi informasinya memiliki kredibilitas yang rendah sehingga menjadikan media berita sebagai alat verifikasi informasi musik. Media berita masih memiliki peran penting dalam penyebaran informasi musik, tetapi tidak sebagai pembentuk opini. Informan menjelaskan peran pembentuk opini berada di non-media berita karena penyebarannya lebih cepat dan personal.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Jurnalisme Musik, Media Berita, Perilaku Mencari Informasi |
Subjects: | ?? PN4699-5650 ?? |
Divisions: | Faculty of Communication > Digital Journalism |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 12:22 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 12:22 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34882 |
Actions (login required)
View Item |