Paristya Ayu, Salmaa (2024) Pengaruh Empathy, Moral Obligation, Self Efficacy, Perceived Social Support, dan Experience terhadap Social Entreprenurial Intention pada Mahasiswa di Kota Tangerang Selatan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (407kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (231kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (297kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (341kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (680kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (163kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (245kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Abstract
Jumlah penduduk di Indonesia terus mengalami peningkatan setiap tahunnya. Angka pertumbuhan penduduk Indonesia yang semakin besar menyebabkan terjadinya kesenjangan karena kurangnya lapangan pekerjaan bagi angkatan kerja sehingga menimbulkan peningkatan jumlah pengangguran. Pengangguran yang berada di Indonesia didominasi oleh kelompok usia produktif atau kelompok usia muda yaitu 15 - 29 tahun. Selain itu, saat ini banyak sekali permasalahan terkait kesejahteraan sosial di kalangan masyarakat yang meningkat dimana masalah ini tidak dapat diselesaikan dengan hanya mengandalkan peran pemerintah sehingga membutuhkan dukungan dari masyarakat terutama kalangan mahasiswa sebagai generasi muda melalui peranan social entrepreneurship. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor - faktor yang dapat mempengaruhi social entrepreneurial intention di kalangan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menyebarkan hasil survey kuesioner Google Form kepada 161 responden yang dilakukan secara online dan offline kepada mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan S1 dengan masa pendidikan minimal semester 6 di Kota Tangerang Selatan dari berbagai fakultas yang sudah pernah mengikuti kegiatan sosial. Dalam melakukan pengolahan dan pengujian data, peneliti menggunakan software IBM SPSS versi 29 ketika menguji pretest dan Smart PLS versi 4 ketika menguji maintest. Hasil yang didapat dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif antara empathy dengan social entrepreneurial intention, dan empathy, moral obligation, self efficacy, perceived social support memediasi hubungan antara experience dan social entrepreneurial intention. Sedangkan variabel moral obligation, self efficacy, perceived social support, dan experience tidak berpengaruh positif terhadap social entrepreneurial intention.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Experience, Empathy, Moral Obligation, Self Efficacy, Perceived Social Support, Social Entrepreneurship Intention |
Subjects: | ?? HD28 ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 12:28 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 12:28 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/34905 |
Actions (login required)
View Item |