Strategi Online Personal Branding Pak Pulung sebagai Shoutcaster Gaming Influencer di Indonesia pada platform TikTok

Felicia Yusup, Adelin (2024) Strategi Online Personal Branding Pak Pulung sebagai Shoutcaster Gaming Influencer di Indonesia pada platform TikTok. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (761kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (429kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (971kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (202kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (583kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (119kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (123kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB)

Abstract

Munculnya fenomena yang dinamis membuat keadaan di industri Esports selalu berubah, begitu juga dengan profesi dan persaingan ketat yang saling bermunculan antara gaming influencer satu dan lainnya. Mereka dituntut untuk memiliki skill set yang dapat ditonjolkan sehingga orang-orang lebih mengenal mereka dengan keunikan dan keahlian yang tidak dimiliki oleh semua orang. Hal ini diperlukan agar mereka dapat mempresentasikan diri sebagai sosok yang terpercaya. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mencari tahu strategi online personal branding dari Pak Pulung sebagai shoutcaster gaming influencer di Indonesia melalui media sosial TikTok. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan pendekatan post-positivisme serta studi kasus sebagai metode utama penelitian. Konsep yang akan digunakan untuk menganalisis hasil yang diperoleh adalah dengan konsep dari Ryan M. Frischmann (2014) yaitu twelve step of online personal branding untuk mencari tahu apakah Pak Pulung telah mengikuti tahapan dalam membangun online personal branding. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dengan Pak Pulung sebagai salah satu informan pertama. Hasil dari penelitian ini menemukan bahwa Pak Pulung berhasil membangun online personal branding di TikTok menggunakan sebelas dari dua belas langkah yang ada, yaitu become self- aware, take inventory of brand assets, identify target market, conduct competitor analysis, create social media profile, create your own content, get feedback, make connections in social media, evolve and make changes, behave according to expectation, and respond to changes in norms and scope.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Personal Branding, Online Personal Branding, Pak Pulung, Shoutcaster, Gaming Influencer, Esports
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Nov 2024 11:14
Last Modified: 24 Nov 2024 11:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35072

Actions (login required)

View Item View Item