Perbedaan Pengaruh Iklan Greenwashing terhadap Citra Brand dengan Perlakuan Literasi (Studi Iklan Coca-Cola pada Kelompok Remaja)

Jaya Sihombing, Indra (2024) Perbedaan Pengaruh Iklan Greenwashing terhadap Citra Brand dengan Perlakuan Literasi (Studi Iklan Coca-Cola pada Kelompok Remaja). Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (652kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (797kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (883kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (571kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (595kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (215kB)

Abstract

Praktik penyampaian pesan yang palsu dan menyesatkan yang lazim disebut sebagai iklan greenwashing masih terus terjadi sementara pengetahuan publik tentang greenwashing dinilai masih terbatas. Terkait dengan hal tersebut melengkapi masyarakat dengan literasi greenwashing yang merupakan kemampuan dalam mengenali, mengevaluasi serta memahami greenwashing perlu dilakukan. Literasi greenwashing dinilai akan memampukan masyarakat dalam mendeteksi serta melakukan penilaian terhadap praktik greenwashing yang terdapat pada sebuah iklan dan pada gilirannya mampu menilai citra brand yang melakukan praktik tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikan pengaruh literasi iklan greenwashing terhadap citra brand. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen jenis one group pre test-post test design. Metode ini dipilih karena penelitian ini dilakukan untuk mengetahui akibat dari perlakuan yang diberikan terhadap subjek penelitian yang kemudian diukur atau diamati dampaknya. Semua data dianalisis dengan menggunakan statistik deskriptif, analisis regresi dan Uji-t untuk pengujian hipotesis komprasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan greenwashing Coca-Cola berpengaruh signifikan dan negatif terhadap citra brand Coca-Cola. Melalui uji-t ditemukan perbedaan yang signifikan dalam hal citra brand antara sebelum dan setelah perlakuan. Penelitian ini juga menemukan bahwa penurunan citra brand tampak lebih signifikan para responden perempuan dibanding responden laki-laki. Mencermati kesesuaian hasil penelitian ini dengan beberapa penelitian sebelumnya maka penelitian sejenis dapat dilakukan dengan pertimbangan objek dan subjek penelitian yang berbeda demi mendapatkan hasil yang lebih komprehensif.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Iklan Greenwashing, Citra Brand, Literasi Greenwashing
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Nov 2024 11:21
Last Modified: 24 Nov 2024 11:21
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35107

Actions (login required)

View Item View Item