Analisis Isi Pelanggaran Etika dan Perbandingan Content Marketing Artikel Kesehatan Situs Medicastore, K24, dan Farmaku

Manalang, Archie Rafael (2024) Analisis Isi Pelanggaran Etika dan Perbandingan Content Marketing Artikel Kesehatan Situs Medicastore, K24, dan Farmaku. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (7MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (215kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (616kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (309kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (832kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (210kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (228kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (181kB)

Abstract

Dengan pertumbuhan platform apotek online di Indonesia, penting untuk menyelidiki kepatuhan terhadap etika, terutama dalam upaya pemasaran produk kesehatan yang dijual di platform tersebut. Penelitian ini menggunakan analisis isi kuantitatif didukung komputasional untuk mengukur kepatuhan dan pelanggaran etika artikel kesehatan online yang digunakan sebagai alat pemasaran pada platform Medicastore, K24Klik, dan Farmaku. Analisis ini menggunakan pada Kode Etik Usaha Farmasi Indonesia dan Etika Pariwara Indonesia sebagai landasan etika. Penelitian ini menemukan Medicastore menunjukkan kepatuhan tinggi di berbagai tolak ukur, namun rendah dalam menyediakan bukti berbimbang (34%) dan secara relatif lebih sering menggunakan pilihan kata yang memicu rasa takut (64%). K24Klik unggul dalam penyampaian bukti dengan daftar pustaka dan URL eksternal (87%), meskipun sering menggunakan klaim superlatif dan perbandingan (62%) dan menyatakan janji belum terjamin (92%). Farmaku memiliki jumlah artikel paling sedikit dan perlu peningkatan pada sejumlah besar tolak ukur seperti, relatif rendah dalam menyatakan bukti berbimbang (20%), relatif tinggi dalam, relatif tinggi menyatakan kepastian diagnosis (60%), dan relatif tinggi menyatakan janji tidak terjamin (100%). Penelitian ini menunjukkan tingkat kepatuhan etika yang bervariasi pada berbagai tolak ukur dari apotek online Indonesia.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Content Analysis, Ethics, Content Marketing, Online Pharmacy
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Nov 2024 11:22
Last Modified: 24 Nov 2024 11:22
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35111

Actions (login required)

View Item View Item