Kartika Wangsa, Aurelia (2024) Peranan Employee Influencer dalam Mengkonstruksi Employee Engagement melalui Penggunaan Media Sosial (Studi Kasus BCA Bluecaster di PT Bank Central Asia, Tbk.). Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (632kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (360kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (647kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (367kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (129kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (434kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
|
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (325kB) |
Abstract
Praktisi internal communication saat ini aktif menggunakan media sosial sebagai salah satu saluran komunikasi dalam perusahaan. Hal inilah yang kemudian dikembangkan oleh Bank BCA melalui program komunikasi internal, yaitu BCA BLUECASTER. Melalui program ini, perusahaan mendorong karyawan untuk aktif memproduksi dan mendistribusikan pesan perusahaan melalui pemanfaatan media sosial sehingga dapat mendukung employee engagement yang baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana implementasi program komunikasi internal, yaitu BCA BLUECASTER dalam membangun employee engagement. Selain itu penelitian ini juga mendeskripsikan bagaimana peranan para BLUECASTER sebagai employee influencer melalui penggunaan media sosial. Penelitian ini menggunakan Social Influence Theory, konsep employee influencer, dan internal communication dalam membentuk employee engagement. Metode yang digunakan dalam penelitian kualitatif ini adalah studi kasus dengan pengumpulan data melalui wawancara mendalam dan observasi media sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa employee influencer berperan sebagai pendukung tim komunikasi internal untuk memproduksi dan mendistrubusikan pesan secara autentik melalui media sosial pribadinya. Bank BCA sebagai communication hub secara formal memberikan panduan, pelatihan, dan apresiasi kepada employee influencer dan menghasilkan commitment dari BLUECASTER untuk secara antusias dan konsisten memproduksi konten di media sosial. Employee engagement yang sudah terbentuk secara positif di perusahaan kemudian didukung oleh peranan karyawan sebagai influencer melalui konten pesan yang bersifat informatif dan menarik. Hasil penelitian menunjukkan aspek engagement yang terbentuk dari konten pesan para employee influencer adalah aspek emotional dan cognitive karyawan sebagai follower.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | internal communication, employee influencer, employee engagement, , media sosial |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 10:59 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 10:59 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35120 |
Actions (login required)
View Item |