Analisis User Interface Website Business-to-Business terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention Pelanggan Industri Kimia Bulk

Avinca, Stella (2024) Analisis User Interface Website Business-to-Business terhadap Brand Awareness dan Purchase Intention Pelanggan Industri Kimia Bulk. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (188kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (439kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (210kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (112kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (196kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (189kB)

Abstract

Seiring berjalannya waktu, manajer business-to-business mulai membuat pengalaman hybrid untuk pelanggan mereka dengan mengkombinasikan interaksi manusia dan digital. Namun, jumlah pengunjung website perusahaan industri bahan kimia masih lebih rendah jika dibandingkan dengan perusahaan dengan model business-to-business lainnya. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai macam faktor website yang mungkin belum lengkap atau tersedia pada website milik industri bahan kimia untuk dapat meningkatkan brand awareness dan purchase intenion pelanggan industri bahan kimia. Penelitian berfokus lebih banyak pada customer buying journey pelanggan industri bahan kimia beserta peran website di dalamnya. Penelitian menggunakan metode multiple case studies, dengan wawancara kepada sembilan narasumber dengan berbagai macam posisi dan tingkat jabatan yang berasal dari empat perusahaan untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga produk, spesifikasi produk, dan pengenalan supplier adalah tahap yang paling diperhatikan dalam alur pembelian pelanggan industri bahan kimia. Menurut pelanggan industri bahan kimia, website memudahkan dalam mencari produk yang dibutuhkan oleh perusahaan, mendekatkan pelanggan dan supplier yang tadinya belum saling mengenal, namun belum bisa menjembatani personal touch yang dibutuhkan oleh narasumber dalam bertransaksi maupun membuat keputusan seperti berkomunikasi, bernegosiasi, pengecekkan after sales. Pelanggan industri bahan kimia membutuhkan website yang responsif serta website yang produk dan harganya selalu ter-update untuk meningkatkan brand awareness dan purchase intention mereka terhadap sebuah brand. Secara keseluruhan, dapat disimpulkan bahwa interaksi antar manusia untuk meningkatkan brand awareness dan purchase intention pelanggan industri bahan kimia masih sulit dipisahkan, namun website masih punya peluang untuk meningkatkan brand awareness dan purchase intention pelanggan industri bahan kimia terhadap sebuah brand. Hasil penelitian ini juga mempertegas bahwa kesadaran akan pentingnya website di Indonesia masih cukup minim jika dibandingkan dengan negara lain.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: industri bahan kimia, website, brand awareness, purchase intention
Divisions: Faculty of Business > Master of Technology Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Nov 2024 10:59
Last Modified: 25 Nov 2024 10:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35121

Actions (login required)

View Item View Item