Heskie Saputra, Yeremia (2024) Analisis Pengaruh Personality Traits terhadap Behavior Intention to Listen Radio Services. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (736kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (294kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (450kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (199kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (791kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (54kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (210kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (191kB) |
Abstract
Radio konvensional masih menjadi pilihan utama bagi sebagian besar pendengar radio di Indonesia. Namun, penggunaan radio konvensional mengalami penurunan dalam beberapa tahun terakhir. Salah satu faktor yang membuat menurunnya pendengar radio adalah program yang tidak sesuai dengan segmen pendengar. Hal ini dapat terjadi karena kurangnya pemahaman industri radio mengenai karakteristik pendengar dan preferensi mereka terutama dalam aspek psikologis. Pendekatan yang umum digunakan dalam dunia pekerjaan yaitu dengan Big Five Personality Traits. Penelitian ini menyelidiki pengaruh Big Five Personality Traits terhadap Behavior Intention to Listen Radio. Pendekatan kuantitatif digunakan dengan melibatkan 300 responden yang merupakan pendengar radio. Structural Equation Modelling (SEM), yang dibantu oleh SmartPLS, digunakan untuk menganalisis data dalam penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Big Five Personality Traits memiliki pengaruh positif terhadap behavioral intention to listen to radio services. Dari lima personality traits (Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, Neuroticsm) yang diteliti, Conscientiousness, Extraversion, dan Agreeableness terbukti berpengaruh positif terhadap Attitude toward Behavior. Pengaruh tiga variabel tersebut juga menjadi lebih signifikan ketika dilakukan Multi Group Analysis dengan variabel moderasi seperti Kondisi Mendengarkan, Pekerjaan,Waktu Mendengar, Usia dan Konten yang Disukai. Penelitian ini melengkapi kekosongan literatur dengan menjelajahi aspek yang sebelumnya belum tercakup, yakni dampak dari personality traits terhadap behavioral intention to listen. Dengan fokus pada paham mendalam terhadap kepribadian pendengar, radio dapat menjadi lebih adaptif dan responsif terhadap preferensi serta ekspektasi audiens, yang pada akhirnya berpotensi meningkatkan tingkat partisipasi dan loyalitas pendengar mereka.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Big Five Personality Traits, Behavior intention to listen, Radio Services, Openness, Conscientiousness, Extraversion, Agreeableness, Neuroticsm |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 11:00 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 11:00 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35122 |
Actions (login required)
View Item |