Komunikasi Pesan Persuasif Micro Influencer melalui Konten Media Sosial

Novita Chandra, Cindy (2024) Komunikasi Pesan Persuasif Micro Influencer melalui Konten Media Sosial. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (906kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (498kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (275kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (196kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (119kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (190kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (1MB)

Abstract

Micro influencer merupakan kelompok influencer yang memiliki jumlah audiens yang lebih kecil namun memiliki tingkat engagement yang tinggi dengan audiens. Micro beauty influencer yang memiliki engagement yang tinggi, memiliki kemampuan persuasif yang tinggi juga karena adanya hubungan kedekatan dengan audiens atau followers mereka. Salah satu cara influencer melakukan komunikasi dengan audiens di media sosial adalah melalui konten yang diunggah dan dalam konten tersebut terkandung pesan persuasi. Audiens atau followers yang terpapar pesan persuasi, pendapat serta tindakan mereka dapat terpengaruh sesuai dengan isi pesan yang diterima. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana komunikasi pesan persuasif micro beauty influencer melalui konten di media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus terhadap micro beauty influencer. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan wawancara semi terstruktur dengan key informan penelitian. Kemudian, dari hasil wawancara yang telah dilakukan akan dibangun tema ­ tema utama. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan ditemukan 3 (tiga) tema utama yang merupakan strategi yang dilakukan social media influencer untuk membangun pesan persuasif melalui konten di media sosial. Strategi yang pertama adalah dengan melakukan pendekatan emosional kepada audiens. Pendekatan emosional dapat membangun hubungan kedekatan personal serta relevansi dengan audiens, sehingga audiens akan lebih mudah menerima pesan persuasi. Strategi kedua adalah memperhatikan aspek linguistik, seperti intonasi suara, kecepatan berbicara, penggunaan bahasa hingga pemilihan kosa kata, karena hal tersebut dapat mempengaruhi respon audiens terhadap konten tersebut. Strategi terakhir adalah memperhatikan visualisasi konten, agar konten tersebut dapat menarik perhatian audiens sehingga memudahkan penerimaan pesan persuasi.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: komunikasi pesan persuasif, media sosial, opinion leader, social media influencer, studi kasus
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Nov 2024 11:02
Last Modified: 25 Nov 2024 11:02
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35132

Actions (login required)

View Item View Item