Dinamika Komunikasi Internal dalam Membangun Kepuasan Komunikasi di Sekolah-Sekolah Yayasan REA Kalimantan Timur

Fadilah, Rijal (2024) Dinamika Komunikasi Internal dalam Membangun Kepuasan Komunikasi di Sekolah-Sekolah Yayasan REA Kalimantan Timur. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (866kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (848kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (764kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (582kB)

Abstract

Komunikasi internal organisasi memegang peranan vital dalam membentuk dan memelihara interaksi antar individu, memungkinkan pertukaran ide, dan memfasilitasi pembentukan sikap serta perilaku yang harmonis dan mendukung pencapaian tujuan bersama dalam organisasi serta meningkatkan kepuasan kerja di antara anggota organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan dinamika komunikasi internal, gaya komunikasi, iklim komunikasi organisasi, dan kepuasan komunikasi stakeholder internal di sekolah-sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan REA Kalimantan Timur. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan tujuh partisipan. Penelitian ini mengunakan teori-teori komunikasi organisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dinamika komunikasi internal di sekolah-sekolah ini terdiri dari komunikasi formal dan informal. Komunikasi formal terjadi melalui rapat terjadwal dan musyawarah, sementara komunikasi informal terjadi melalui interaksi sehari-hari dan penggunaan aplikasi pesan instan. Gaya komunikasi yang diterapkan oleh kepala sekolah cenderung inklusif dan partisipatif, mendorong keterlibatan aktif dari semua guru dalam proses pengambilan keputusan. Iklim komunikasi organisasi di sekolah-sekolah ini ditandai oleh kepercayaan, kejujuran, keterbukaan, dan partisipasi, yang menciptakan lingkungan kerja yang positif dan mendukung. Kepuasan komunikasi di kalangan guru dan staf administrasi juga tinggi, didukung oleh iklim komunikasi yang positif dan gaya komunikasi yang inklusif dari kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Komunikasi Internal, Gaya Komunikasi, Iklim Komunikasi, Kepuasan Komunikasi,
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Nov 2024 11:03
Last Modified: 25 Nov 2024 11:03
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35135

Actions (login required)

View Item View Item