Yovanca, Gladys (2024) Strategi Influencer Marketing Mirael dalam Meningkatkan Brand Awareness (Studi Kasus Kampanye Sugar Wax Bisa Dimakan di Tiktok). Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (3MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (610kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (624kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (575kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (353kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (540kB) |
Abstract
Pemanfaatan influencer marketing dengan kategori nano-influencer, micro- influencer, macro-influencer dan mega-influencer semakin diminati oleh brand kecantikan, salah satunya Mirael. Strategi influencer ini menunjukkan kredibilitas influencer di media sosial melalui konten-konten yang sesuai dengan karakteristiknya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana strategi influencer marketing Mirael dalam membangun brand awareness melalui kampanye "Sugar Wax Bisa Dimakan" di Tiktok dengan menerapkan konsep Solomon dan Tuten. Penelitian ini bersifat kualitatif deskritif menggunakan metode studi kasus dengan paradigma postpositivisme. Teknik pengumpulan data melalui analisa dokumen dan wawancara mendalam dengan 3 narasumber dari Mirael (CEO & Founder, Project Manager dan KOL Specialist) dan 2 narasumber yang merupakan influencer Mirael. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Mirael secara aktif melakukan strategi influencer marketing di Tiktok untuk membangun brand awarenessnya dengan memanfaatkan nano influencer, mikro influencer, makro influencer dan mega influence. Brand menyampaikan pesan melalui brief dan product knowledge, yakni sugar wax bisa dimakan. Kampanye yang dilakukan melalui empat tahapan dalam strategi influencer marketing ini, yaitu tracking, negosiasi, eksekusi dan evaluasi sehingga membangun brand awareness Mirael menjadi brand recall (diingat tanpa bantuan). Selain itu, influencer yang mencapai key performance indicator (KPI) brand, seperti konten viral dilakukan repetisi kerjasama endorsement. Tahap ini untuk menciptakan persepsi produk disukai atau dicintai influencer tersebut.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Brand Awareness, Influencer Marketing, Kampanye, Mirael Sugar Wax, Social Media Marketing |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 11:04 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 11:04 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35137 |
Actions (login required)
View Item |