Sutanto, Erlyani (2023) Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Parents Intention to Enrollment dengan Pendekatan Theory of Stimulus-Organism-Response (SOR) di Kota Pontianak. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (562kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (209kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (332kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (230kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (760kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (107kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (169kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (341kB) |
Abstract
Dunia Pendidikan terutama sekolah swasta menghadapi banyak tantangan seiring semakin banyaknya sekolah baru dan kebijakan pemerintah mengenai penggratisan biaya pendidikan bagi sekolah negeri. Hal tersebut berdampak pada penurunan angka calon siswa baru di Sebagian besar Sekolah Swasta di Kota Pontianak. Penurunan jumlah calon siswa tentunya akan berdampak pada keberlangsungan suatu sekolah dari penurunan jumlah peserta rombongan belajar hingga berhenti beroperasi. Untuk mencegah hal tersebut maka dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis factor-faktor yang mempengaruhi parents intention to enrollment pada jenjang sekolah menengah pertama. Penelitian dilakukan dengan metode Positivism dengan pendekatan kuantitatif terhadap 373 responden dengan Teknik sampling nonprobability secara Convenience. Adapun rancangan penelitian ini diawali dengan membangun framework yang kemudian dilakukan pretest dan dilanjutkan ke Main test, hasil pengujian di konfirmasi dengan melakukan interview hingga diperoleh hasil penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan indikasi pengaruh terbesar dari Intention to Enrollment adalah Perceived School Image dan Perceived School Quality yang di mediasi oleh factor Affective Attitude. Kualitas mengajar guru, nilai akreditasi dan kegiatan esktrakurikuler berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepercayaan dan kenyamanan bagi orangtua dalam memilih sekolah bagi putra-putrinya. Penelitian ini mengisi keterbatasan studi tentang faktor yang mempengaruhi proses penerimaan siswa baru di suatu satuan Pendidikan mengenai faktor Perceived School Convenience di Kota Pontianak. Implikasi manajerial penelitian ini adalah menjadi salah satu acuan bagi pihak terkait dalam berbenah dan meningkatkan reputasi, kualitas dan faktor kenyamanan masing-masing satuan Pendidikan dengan meminimalisir permasalahan sekolah serta memberikan pelatihan untuk peningkatan kompetensi professional tenaga pengajar.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | Parents Intention to Enrollment, calon siswa, Perceived School Quality |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 11:05 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 11:05 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35139 |
Actions (login required)
View Item |