Dinamika Budaya dan Strategi Adaptasi Budaya Tim Multikultural dalam Organisasi Multinasional (Studi Kasus Pekerja Jerman dan Indonesia)

Putri Pearlyn Girsang, Anastasia (2024) Dinamika Budaya dan Strategi Adaptasi Budaya Tim Multikultural dalam Organisasi Multinasional (Studi Kasus Pekerja Jerman dan Indonesia). Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (883kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (708kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (405kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (330kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (367kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (99kB)

Abstract

Perbedaan budaya dalam organisasi dapat menimbulkan berbagai hambatan dalam proses komunikasi antarkaryawan. Oleh karena itu, pekerja migran internasional di Indonesia dituntut untuk meningkatkan kemampuan komunikasi antarbudaya mereka. Salah satunya departemen marketing perusahaan DO. Penelitian bertujuan untuk: 1) mengetahui dinamika budaya departemen marketing perusahaan DO; 2) mengetahui strategi adaptasi budaya yang diterapkan oleh anggota tim yang berbeda budaya di departemen marketing DO. Penelitian menggunakan metode studi kasus eksplanatif dengan teknik pengumpulan data wawancara mendalam kepada lima orang anggota departemen marketing perusahaan DO yang berasal dari Jerman dan Indonesia. Dalam penelitian ditemukan bahwa dimensi-dimensi budaya berkontribusi pada dinamika komunikasi departemen marketing perusahaan DO, khususnya dalam proses pengambilan keputusan dan diskusi, gaya komunikasi, pola pembagian tugas, gaya komunikasi, pola kerja karyawan, dimensi waktu polikronik vs monokronik, serta hak-hak karyawan. Strategi adaptasi budaya yang mereka terapkan adalah enkulturasi dan akulturasi. Penelitian menemukan adaptasi budaya dilakukan oleh karyawan lokal terhadap budaya Jerman, bila sesuai dengan budaya Indonesia. Sedangkan pimpinan organisasi yang berkebangsaan Jerman memilih cenderung mengakomodasi perbedaan budaya dalam hal gaya berkomunikasi non-direct dan high context.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Dinamika Budaya, Strategi Adaptasi Budaya.
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Nov 2024 11:06
Last Modified: 25 Nov 2024 11:06
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35143

Actions (login required)

View Item View Item