Poh, Stella (2024) Efektivitas Social Media Content dan Live Streaming terhadap Pembelian Konsumen dalam Social Commerce (Studi Kasus: Tiktok pada Gen Z). Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (4MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (3MB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (3MB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (3MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (3MB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf Download (152kB) |
Abstract
Perilaku berbelanja konsumen mengalami perubahan dari brick-and-mortar menjadi online shopping akibat pandemi COVID-19. Perkembangan online shopping pun diiringi dengan berkembangnya teknologi media sosial sehingga munculnya fenomena social commerce. Social commerce sebagai platform yang mendukung dua aktivitas sekaligus yaitu hiburan dan aktivitas berbelanja dinilai memiliki keunggulan dibandingkan platform e-commerce. Namun, kenyataannya pengadopsian social commerce belum dapat dimanfaatkan secara efektif oleh para pelaku bisnis dan tidak sedikit UMKM mengalami kerugian akibat hadirnya platform social commerce. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk memahami pengadopsian platform social commerce dengan memanfaatkan social media content dan live streaming agar mempengaruhi pembelian konsumen yang dilihat dengan menggunakan teori AIDA model dan TAM model. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan penyebaran kuisioner terhadap 246 responden dan teknik analisis Structural Equation Model (SEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa social media content dan live streaming dapat menginformasikan produk secara jelas dan menarik kepada konsumen sehingga membangun attention dan interest konsumen yang akhirnya mendorong pembelian konsumen. Penelitian ini dapat diimplementasi oleh para pelaku bisnis agar dapat mengoptimalkan penerapan social media content dan live streaming dalam menjalankan bisnis sehingga meningkatkan daya tarik dan pembelian konsumen.
Item Type: | Thesis (Master Thesis) |
---|---|
Keywords: | AIDA model, live streaming, social commerce, social media content, TAM model |
Divisions: | Faculty of Business > Master of Technology Management |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 25 Nov 2024 11:08 |
Last Modified: | 25 Nov 2024 11:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35151 |
Actions (login required)
View Item |