Pengaruh Online Customer Review pada Platform SHOPEE dan Celebrity Endorser SKINTIFIC terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh Brand Image.

Mariana, Marina (2024) Pengaruh Online Customer Review pada Platform SHOPEE dan Celebrity Endorser SKINTIFIC terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh Brand Image. Master Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (5MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (694kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
LETTER_OF_ACCEPTANCE.pdf

Download (197kB)

Abstract

Dalam era digital seperti sekarang, penggunaan internet telah membawa perubahan besar pada perilaku konsumen dalam membeli produk atau layanan. Online Customer Review dan persepsi terhadap Citra Merek memiliki peran penting dalam mempengaruhi keputusan pembelian konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh online customer review pada platform e-commerce Shopee dan celebrity endorser Skintific terhadap Keputusan pembelian konsumen. Teori yang dipakai dalam penelitian ini adalah Teori Source of Credibility digunakan untuk memahami bagaimana faktor-faktor tersebut saling terkait dan bagaimana kepercayaan konsumen terhadap sumber informasi dapat memengaruhi keputusan pembelian melalui mediasi brand image. Dengan demikian, kredibilitas sumber informasi seperti online customer review dan celebrity endorser dapat menjadi variabel penting dalam memahami perilaku konsumen dalam konteks keputusan pembelian online di platform Shopee, terutama untuk produk kosmetik Skintific. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui kuesioner online yang disebar kepada pengguna Shopee yang memiliki pengalaman berbelanja produk kosmetik. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dimana pengambilan sampel dilakukan secara acak. Hasil analisa data nantinya akan diperoleh dari teknik analisa data yakni Uji Hipotesis melalui system Smart Pls 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa celebrity endorser memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian produk Skintific di platform Shopee, serta berkontribusi dalam membentuk brand image yang positif. Sedangkan online customer review tidak menunjukkan pengaruh langsung terhadap brand image dan keputusan pembelian, hasil penelitian mengindikasikan bahwa konsumen lebih cenderung terpengaruh oleh rekomendasi dari selebriti yang mereka percayai.

Item Type: Thesis (Master Thesis)
Keywords: Online Customer Review, Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian, Brand Image, E-Commerce
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 25 Nov 2024 11:09
Last Modified: 25 Nov 2024 11:09
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35154

Actions (login required)

View Item View Item