Mahmudah Putri Agustina, Nur (2024) Pelaksanaan Jasa Internal Audit di Kompas Gramedia Group. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (703kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (626kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (405kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (9MB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (126kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (183kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
|
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Program kerja magang dilaksanakan pada divisi internal audit Kompas Gramedia. Pelaksanaan kerja magang dibimbing oleh Bapak Johanes Deddy Hermawan dan Ibu Yenny Setiawati. Selama proses kerja magang, terdapat 7 unit yang diperiksa dengan tugas berikut, melakukan opname petty cash cashier, melakukan vouching bukti pengeluaran kas, membuat aging schedule piutang dan vouching piutang, rekonsiliasi AR sirkulasi antara SPSK dan SAP, rekonsiliasi saldo omzet banquete dari outlet report dengan banquete list, tracing extra charge terhadap transaksi extra bed, melakukan vouching compliment list, verifikasi, reperformance dan vouching discount and paket, tracing dan membandingkan akun biaya dibayar dimuka dan biaya yang masih harus dibayar antara laporan keuangan dengan subledger,melakukan tracing pendapatan log siar dengan media order, mencocokan rute dan armada untuk uang jalan, melakukan asset opname inventaris kantor, melakukan vouching outlet report officer check dan entertain invoice restaurant, melakukan house tour sampling house status kamar, rekonsiliasi persediaan barter dalam system GMMS dan SAP serta melakukan stock opname persediaan barter. Selama proses kerja magang, beberapa kendala ditemui yang mempengaruhi kelancaran audit. Salah satunya adalah dalam proses arsip invoice yang beberapa arsip masih tercampur antara yang sudah di payment dengan yang belum, tanpa pemisahan berdasarkan tahun atau pelanggan. Hal ini menyulitkan proses opname dan vouching piutang. Solusi yang diberikan adalah melakukan pengarsipan invoice secara sistematis per customer dan urut tanggal, serta merekomendasikan kepada unit untuk mempertimbangkan penggunaan sistem digital atau database khusus untuk pengarsipan invoice, sehingga data bisa diakses dengan lebih cepat dan aman.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | vouching, tracing, pemeriksaan fisik, piutang, aging, verifikasi, aset, rekonsiliasi. 8 Pelaksanaan Jasa Internal..., Nur Mahmudah Putri Agustina, Universitas Multimedia Nusantara |
Subjects: | ?? HG ?? |
Divisions: | Faculty of Business > Accounting |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 13 Dec 2024 13:00 |
Last Modified: | 13 Dec 2024 13:00 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35249 |
Actions (login required)
View Item |