Hubungan Pesan Kampanye Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja dengan Minat Berkunjung ke Mandalika Pascapandemi Covid-19 (Survei pada Pengikut Akun Instagram @pesona.indonesia)

Magdalena Vanessa Maharani, Maria (2024) Hubungan Pesan Kampanye Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja dengan Minat Berkunjung ke Mandalika Pascapandemi Covid-19 (Survei pada Pengikut Akun Instagram @pesona.indonesia). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (450kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (513kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (134kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (157kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (441kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (80kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (93kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peristiwa pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia pada 2022 memberi dampak ke berbagai sektor industri, khususnya sektor ekonomi pariwisata. Program kampanye gerakan nasional Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) merupakan salah satu program yang diluncurkan oleh pemerintah Indonesia melalui Kemenparekraf. Program ini bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat agar berwisata di dalam negeri dan mendorong pergerakan wisatawan nusantara. Penggunaan media sosial Instagram dimanfaatkan oleh Kemenparekraf sebagai sarana untuk menjadi alat penyampaian pesan dari program kampanye yang dapat mendorong minat berkunjung wisatawan Nusantara. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pesan kampanye Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja di media sosial Instagram memiliki hubungan dengan minat berkunjung ke Mandalika pascapandemi Covid-19. Konsep yang digunakan pada penelitian ini adalah konsep pesan kampanye menurut Perloff (2017) dan konsep minat berkunjung menurut Shaleh & Wahab (2004). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif bersifat korelasional dengan metode survei dan teknik analisis data uji korelasi Spearman's Rank. Populasi penelitian adalah pengikut dari akun Instagram @pesona.indonesia. Sampel diambil dengan menggunakan teknik penarikan sampel Non-probability berupa purposive sampling sebanyak 223 responden dan kuesioner disebarkan melalui Google Form. Hasil penelitian ini menunjukkan nilai sig. 0,000 < 0,05 dengan koefisien korelasi sebesar 0,786 yang menandakan hubungan dari antara kedua variabel masuk ke dalam kategori kuat. Kesimpulannya adalah hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat hubungan signifikan antara pesan kampanye Bangga Berwisata #DiIndonesiaAja dalam Instagram @pesona.indonesia dengan minat berkunjung ke Mandalika pascapandemi Covid-19.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pesan Kampanye, Minat Berkunjung, Instagram
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Dec 2024 10:56
Last Modified: 21 Dec 2024 10:56
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35385

Actions (login required)

View Item View Item