Putra Mashadi, Matthew (2024) Strategy Community Relations Komunitas Nike Dunk Indonesia dalam Meningkatkan Brand Engagement. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (995kB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (427kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (299kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (188kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (153kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (152kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Abstract
Tren sneakers di Indonesia telah berkembang menjadi bagian penting dari budaya fashion, di mana sneakers bukan hanya sekedar alas kaki, tetapi juga sebagai simbol status sosial dan kepercayaan diri. Komunitas pecinta sneakers yang dikenal sebagai "sneakerhead" memainkan peran vital dalam mempromosikan sneakers, melalui praktik koleksi dan jual-beli yang melibatkan istilah-istilah khusus. Brand Nike sebagai brand unggulan dengan teknologi dan produk kolaborasinya berhasil mengungguli kompetitornya. Komunitas Nike Dunk Indonesia (NDI), yang berdiri sejak 2021, berfungsi sebagai platform informasi dan interaksi antar anggota, yang juga membantu memperkuat keterlibatan merek dan meningkatkan minat sneaker Nike Dunk di pasar Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dianalisis menggunakan teknik coding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi community relations yang diterapkan cukup efektif dalam meningkatkan brand engagement. Melalui berbagai platform media sosial, komunitas ini menciptakan saluran komunikasi yang kuat, dan memungkinkan anggota untuk berdiskusi dan berbagi informasi, sehingga membangun ikatan emosional dan kognitif terhadap brand. Keterlibatan konsumen yang tinggi dalam kegiatan komunitas dan interaksi media sosial mencerminkan komitmen terhadap brand. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan community relations yang inovatif tidak hanya menciptakan pengalaman positif, tetapi juga relevansi terhadap daya tarik merek di pasar yang kompetitif.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Brand Engagementl, Community Relations, Sneakerhead |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 02 Jan 2025 10:56 |
Last Modified: | 02 Jan 2025 10:56 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35415 |
Actions (login required)
View Item |