Strategy Community Relations Komunitas Nike Dunk Indonesia dalam Meningkatkan Brand Engagement

Putra Mashadi, Matthew (2024) Strategy Community Relations Komunitas Nike Dunk Indonesia dalam Meningkatkan Brand Engagement. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (995kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (427kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (299kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (188kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (153kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (152kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Tren sneakers di Indonesia telah berkembang menjadi bagian penting dari budaya fashion, di mana sneakers bukan hanya sekedar alas kaki, tetapi juga sebagai simbol status sosial dan kepercayaan diri. Komunitas pecinta sneakers yang dikenal sebagai "sneakerhead" memainkan peran vital dalam mempromosikan sneakers, melalui praktik koleksi dan jual-beli yang melibatkan istilah-istilah khusus. Brand Nike sebagai brand unggulan dengan teknologi dan produk kolaborasinya berhasil mengungguli kompetitornya. Komunitas Nike Dunk Indonesia (NDI), yang berdiri sejak 2021, berfungsi sebagai platform informasi dan interaksi antar anggota, yang juga membantu memperkuat keterlibatan merek dan meningkatkan minat sneaker Nike Dunk di pasar Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dan dianalisis menggunakan teknik coding. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi community relations yang diterapkan cukup efektif dalam meningkatkan brand engagement. Melalui berbagai platform media sosial, komunitas ini menciptakan saluran komunikasi yang kuat, dan memungkinkan anggota untuk berdiskusi dan berbagi informasi, sehingga membangun ikatan emosional dan kognitif terhadap brand. Keterlibatan konsumen yang tinggi dalam kegiatan komunitas dan interaksi media sosial mencerminkan komitmen terhadap brand. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa pendekatan community relations yang inovatif tidak hanya menciptakan pengalaman positif, tetapi juga relevansi terhadap daya tarik merek di pasar yang kompetitif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Brand Engagementl, Community Relations, Sneakerhead
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Jan 2025 10:56
Last Modified: 02 Jan 2025 10:56
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35415

Actions (login required)

View Item View Item