Pengaruh Dinamika Gender pada Efikasi Diri, Dukungan Keluarga, dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Pilihan Mahasiswa untuk Berkarir di Bidang Kewirausahaan

Christian Hutabarat, Michael (2024) Pengaruh Dinamika Gender pada Efikasi Diri, Dukungan Keluarga, dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Pilihan Mahasiswa untuk Berkarir di Bidang Kewirausahaan. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (806kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (457kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (260kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (360kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (42kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (155kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dinamika gender terhadap efikasi diri, dukungan keluarga, dan pendidikan kewirausahaan terhadap pilihan karir mahasiswa untuk berkarir di bidang kewirausahaan. Dalam penelitian ini, faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan mahasiswa dalam memilih karir kewirausahaan, terutama yang berkaitan dengan gender, menjadi fokus utama. Berdasarkan teori yang ada, efikasi diri, dukungan keluarga, dan pendidikan kewirausahaan diyakini berpengaruh signifikan terhadap niat mahasiswa untuk menjadi wirausahawan, dengan dinamika gender berperan sebagai moderator yang mempengaruhi hubungan antar variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kepada mahasiswa di perguruan tinggi di Kabupaten Tangerang. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 90 responden yang memenuhi kriteria. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa semua variabel independen, yaitu pendidikan kewirausahaan, dukungan keluarga, dan efikasi diri, memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pilihan karir kewirausahaan mahasiswa. Dinamika gender juga ditemukan memoderasi hubungan antara pendidikan kewirausahaan dan pilihan karir kewirausahaan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa untuk meningkatkan minat mahasiswa terhadap kewirausahaan, penting untuk memperhatikan faktor pendidikan yang sensitif terhadap gender serta peran dukungan keluarga. Penelitian ini juga merekomendasikan pengembangan kurikulum pendidikan kewirausahaan yang lebih inklusif dan mendukung perbedaan gender.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Pendidikan Kewirausahaan, Dinamika Gender, Dukungan Keluarga, Efikasi Diri, Pilihan Karir dalam Berwirausaha
Subjects: ?? HD28 ??
Divisions: Faculty of Business > Management
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Jan 2025 10:56
Last Modified: 02 Jan 2025 10:56
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35416

Actions (login required)

View Item View Item