Frendika, Noveliyo (2024) Rancang Bangun Sistem Helpdesk Berbasis Chatbot Menggunakan Algoritma Token-Based Similarity di PT.X. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (1MB) |
|
PDF
BAB_I.pdf Download (512kB) |
|
PDF
BAB_II.pdf Download (161kB) |
|
PDF
BAB_III.pdf Download (699kB) |
|
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (531kB) |
|
PDF
BAB_V.pdf Download (63kB) |
|
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
|
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (401kB) |
Abstract
Sistem helpdesk memainkan peran penting dalam mendukung operasional perusahaan dengan menangani keluhan dan permasalahan yang dihadapi oleh pengguna. Namun, sistem helpdesk tradisional sering menghadapi tantangan terkait keterbatasan sumber daya dan waktu respons yang lambat. Untuk itu, penggunaan chatbot berbasis kecerdasan buatan menjadi solusi yang efektif, salah satunya melalui penerapan Token-Based Similarity Algorithm untuk mencocokkan masalah dengan solusi yang relevan dalam basis data. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji sistem chatbot helpdesk berbasis Token- Based Similarity Algorithm untuk meningkatkan efisiensi dalam penanganan keluhan. Metode yang digunakan melibatkan pengembangan aplikasi chatbot yang memanfaatkan teknik tokenization dan stopword removal, diikuti dengan pencocokan masalah pengguna dengan solusi yang ada menggunakan Token-Based Similarity Algorithm. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem chatbot yang dikembangkan mampu memberikan solusi yang tepat dengan tingkat similarity rata- rata sebesar 85,62%. Selain itu, sistem ini menunjukkan tingkat fungsionalitas yang baik dengan persentase keberhasilan 86% pada pengujian Black Box Testing dan 85% pada pengujian White Box Testing. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Token-Based Similarity Algorithm dapat diandalkan untuk digunakan dalam sistem chatbot helpdesk untuk pencocokan masalah dan solusi secara otomatis.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Chatbot, Helpdesk, Rancang Bangun, Token-Based Similarity Algorithm, Tokenization |
Subjects: | ?? T58.5-58.64 ?? |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Informatics |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 06 Jan 2025 10:56 |
Last Modified: | 06 Jan 2025 10:56 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35445 |
Actions (login required)
View Item |