Studi Perilaku Pengecekan Fakta di Kalangan Mahasiswa Gen Z di Jabodetabek

Danet Polii, Jairel (2025) Studi Perilaku Pengecekan Fakta di Kalangan Mahasiswa Gen Z di Jabodetabek. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (493kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (286kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (143kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (349kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (170kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kemampuan mahasiswa dalam mengidentifikasi berita palsu dan keinginan mereka untuk memverifikasi informasi, dengan fokus pada mahasiswa Generasi Z yang merupakan kelompok aktif secara akademis. Menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian ini melibatkan 400 responden yang mengisi kuesioner berbasis skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas responden (45,3%) berada pada kategori netral dalam menilai kemampuan mereka untuk mengenali berita palsu dengan 41,6% responden menunjukkan kepercayaan diri yang cukup tinggi. Meskipun demikian, sekitar 13,3% responden merasa kurang mampu dalam mengenali berita palsu. Dalam hal keinginan memverifikasi informasi, rata-rata skor keseluruhan adalah 3,58, dengan media sosial menjadi platform utama yang digunakan untuk memverifikasi informasi (skor rata-rata 4,21), diikuti oleh teman atau keluarga (skor rata- rata 3,93). Sebaliknya, pengecekan ke sumber terpercaya lebih jarang dilakukan (skor rata-rata 3,12). Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis nol (H) yang menyatakan tidak ada hubungan antara kemampuan mengenali berita palsu dan frekuensi memverifikasi informasi dapat ditolak. Sebaliknya, hipotesis alternatif (H) yang menyatakan adanya hubungan yang signifikan antara kedua variabel tersebut diterima. Temuan ini menunjukkan adanya kecenderungan ketergantungan terhadap media sosial dalam memverifikasi informasi serta pentingnya pendidikan literasi digital untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam mengenali berita palsu. Meskipun sebagian besar mahasiswa menunjukkan kesadaran terhadap berita palsu, perlu adanya upaya lebih untuk memperkuat keterampilan verifikasi informasi di kalangan generasi muda terutama dalam menghadapi tantangan disinformasi di era digital.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Digital Literacy, Generation Z, Intent to Verify, Misinformation, Perceived Ability to Identify Fake News
Subjects: ?? PN4699-5650 ??
Divisions: Faculty of Communication > Digital Journalism
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 21 Jan 2025 10:54
Last Modified: 21 Jan 2025 10:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35749

Actions (login required)

View Item View Item