Perancangan Kampanye Digital Terkait Perbandingan Sosial Akibat Korean Wave pada Remaja di DKI Jakarta

Zefanya, Gabriel (2025) Perancangan Kampanye Digital Terkait Perbandingan Sosial Akibat Korean Wave pada Remaja di DKI Jakarta. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (753kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (123kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (605kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (183kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (110kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (184kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Korean Wave atau Hallyu merupakan sebuah fenomena adanya penyebaran pop culture Korea secara global sejak akhir 1990-an ke berbagai negara di seluruh dunia, termasuk Indonesia. Salah satu pengaruh signifikan yang ditimbulkan adalah masuknya standar kecantikan Korea ke Indonesia yang sangat dipengaruhi oleh para idola Korea. Standar ini biasanya digambarkan dengan karakteristik seperti kulit putih bersih, wajah simetris, dan juga tubuh langsing. Media sosial memiliki peran yang sangat penting dalam penyebaran Korean Wave, dengan kelompok remaja berusia 16-24 tahun menjadi pengguna yang paling aktif dalam mengonsumsi berbagai konten tentang Korea. Berdasarkan riset yang telah dilakukan secara mendalam, target perancangan secara langsung maupun tidak langsung pernah membandingkan diri, baik dengan idola yang mereka kagumi ataupun dengan orang lain di media sosial yang dianggap memiliki penampilan lebih baik. Fenomena ini mendorong penulis untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk merancang media persuasi berupa kampanye terkait isu perbandingan sosial yang timbul akibat Korean Wave, dengan memberikan penekanan khusus pada pentingnya individualitas dan keunikan diri setiap orang. Dalam mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan metodologi Human-Centered Design yang dipadukan dengan model komunikasi AISAS sebagai metode utama dalam perancangan karya.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Korean Wave, Perbandingan Sosial, Kampanye Digital, Remaja
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 22 Jan 2025 10:53
Last Modified: 22 Jan 2025 10:53
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35761

Actions (login required)

View Item View Item