Pengujian Fungsionalitas Fitur Payment dan Content Delivery Service pada aplikasi Kompas.id

Clarisa Dwisutrisna, Nayasha (2025) Pengujian Fungsionalitas Fitur Payment dan Content Delivery Service pada aplikasi Kompas.id. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (212kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (321kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (6MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (202kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (204kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Perkembangan teknologi di era digital membuat kegiatan yang dilakukan secara konvensional beralih menjadi digital. Sebagai contoh yaitu perkembangan informasi seperti berita, artikel , dan surat kabar dahulu dapat diakses melalui media cetak, namun sekarang semuanya dapat diakses melalui telepon seluler dengan menggunakan sambungan internet. Salah satu contoh inovasi perkembangan informasi di era digital yaitu diciptakan aplikasi Kompas.id yang merupakan adaptasi dari surat kabar hingga artikel yang sebelumnya diproduksi melalui media cetak namun sekarang dapat diakses dengan mudah melalui media digital. Aplikasi Kompas.id dapat diakses melalui telepon selular maupun website sehingga memberikan keleluasaan bagi pengguna. Di tengah perkembangan teknologi yang pesat, aplikasi Kompas.id terus mengembangkan aplikasi serta peningkatan yang dilakukan oleh tim sehingga dapat bertahan dalam bersaing dengan media digital lainnya. Langkah tersebut dilakukan dengan pengembangan, testing serta memelihara setiap fitur pada aplikasi dan memperhatikan meningkatkan pengalaman pengguna. Fitur payment dan content delivery system merupakan contoh fitur yang dipelihara agar dapat memberikan pengalaman pengguna semakin baik. Pemeliharaan fitur aplikasi menggunakan metode sprint dan tools meliputi Jira, Azure, Postman, Microsoft Teams. Pengujian pada Fitur Payment dan Content Delivery Service berhasil dilakukan sebanyak 6 Sprint dengan mengerjakan sekitar 5 story setiap Sprint dan menemukan sebanyak kurang lebih total 10 bugs dengan hasil 8 bugs sudah berhasil diselesaikan dan 2 bugs masih dalam pengerjaan testing di sprint berikutnya. Selain itu, Sprint ke 7 dan 8 masih dalam tahap pengerjaan untuk dilakukan pengujian hingga akhir masa kontrak magang di akhir bulan Desember 2024.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Payment, Content Delivery System, Kompas.id, Sprint, Testing
Subjects: ?? T58.5-58.64 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Informatics
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 23 Jan 2025 12:59
Last Modified: 23 Jan 2025 12:59
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35820

Actions (login required)

View Item View Item