Perancangan Media Kampanye Mengenai Penggunaan Pembalut Biodegradable

Pantjar Kharisma, Vanessia (2025) Perancangan Media Kampanye Mengenai Penggunaan Pembalut Biodegradable. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (4MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (568kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (609kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (558kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (571kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35MB)

Abstract

Pembalut konvensional merupakan produk sekali pakai yang digunakan untuk menahan aliran darah menstruasi, yang dipasarkan pada toko-toko umum 73% dari 14.000 wanita di Indonesia menggunakan pembalut konvensional ketika mengalami fase menstruasi. Pembalut konvensional yang telah menjadi kebutuhan bulanan wanita ternyata memberikan dampak negatif kepada lingkungan, karena produk terbuat dari bahan yang non-biodegradable. Komponen non-biodegradable menjadi alasan pembalut konvensional untuk membutuhkan waktu sekitar ratusan tahun agar bisa terurai. Untuk mengurangi penggunaan pembalut konvensional, dirancang sebuah kampanye dengan tujuan mempersuasi target desain untuk beralih ke produk alternatif berupa pembalut biodegradable yang memiliki fungsi dan bentuk yang serupa dengan pembalut konvensional, namun terbuat dari bahan organik yang lebih mudah untuk diurai. Media kampanye berupa rangkaian video motion graphic, beserta media-media sekunder berupa billboard, videotron, digital signage, mobile microsite, Instagram Story Ads, dan mobile microsite akan dirancang untuk menyampaikan pesan untuk mempersuasi perempuan 25-35 tahun dengan status sosioekonomi A yang menetap di Jakarta. Dalam merancang media kampanye, metode design thinking dan strategi AISAS akan digunakan agar persuasi yang dilakukan secara bertahap melalui setiap fase AISAS dan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi target audiens. Penulis juga menerapkan strategi soft selling dalam mempersuasi target audiens untuk membangun kepercayaan dan kredibilitas terhadap produk sehingga meyakinkan target desain untuk beralih dan menggunakan pembalut biodegradable sebagai alternatif.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: pembalut, biodegradable, kampanye
Subjects: ?? N1 ??
Divisions: Faculty of Art & Design > Visual Communication Design
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 24 Jan 2025 10:54
Last Modified: 24 Jan 2025 10:54
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/35942

Actions (login required)

View Item View Item