Peran Content Creator Intern di PT Terang Dunia Internusa Tbk

Kevin Paolo, Kevin Paolo (2025) Peran Content Creator Intern di PT Terang Dunia Internusa Tbk. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (937kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (287kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (282kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (187kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (157kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (798kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Di era saat ini, pemanasan global yang diakibatkan oleh kendaraan berbahan bakar fosil menjadi sebuah isu krusial. Penggunaan kendaraan motor listrik dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Pada 2020 pengguna kendaraan listrik di Indonesia hanya berjumlah ribuan unit, namun pada Januari 2024 telah menyentuh hingga 75 ribu unit. Perubahan tren pasar yang pesat ini mendorong tumbuhnya industri motor listrik di Indonesia sehingga meningkatkan persaingan yang ketat dalam industri tersebut. Di tahun 2024 telah terdapat 52 industri motor listrik di Indonesia yaitu, Volta, Viar, Selis, Polytron, United, dsb. Akibat persaingan yang ketat ini peran content creator menjadi penting dalam membangun komunikasi dengan pasar motor listrik. Salah satu pemain dalam industri motor listrik di Indonesia adalah PT Terang Dunia Internusa Tbk atau United E-Motor. Penulis memilih PT tersebut sebagai tempat magang dengan alasan memiliki keinginan dan melihat peluang dalam meningkatkan kualitas konten perusahaan agar pesan yang ingin disampaikan oleh perusahaan pada sebuah konten dapat disalurkan dengan baik kepada target pasar sebagai seorang Content Creator. Tugas utama penulis ialah pembuatan konten digital untuk platform media sosial TikTok maupun Instagram. Tujuannya untuk meningkatkan awareness serta engagement dengan konsumen dan memberikan edukasi tentang motor listrik. Aktivitas yang dilakukan oleh penulis pada praktik magang ini mencakup melakukan riset target, memikirkan ide konten yang menarik dan sesuai dengan brand image, brainstorming dengan tim visual dalam divisi marketing communication dan eksekusi pembuatan atau pengambilan konten di lapangan serta pengeditan konten. Selama menjalani proses magang tersebut, Hard Skill dan Soft Skill penulis sebagai content creator meningkat. Selanjutnya pengetahuan penulis tentang peran seorang content creator di industri motor listrik juga meningkat. Penulis menyadari akan pentingnya mempelajari isu lingkungan. Pengetahuan tersebut dapat membantu penulis dalam menjalani karier penulis kedepannya sebagai content creator.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Content Creator, Digital Marketing, Motor Listrik, United E-Motor, PT Terang Dunia Internusa
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Jan 2025 13:12
Last Modified: 26 Jan 2025 13:12
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36072

Actions (login required)

View Item View Item