Kuriake Malcolm Budiang, Jeremiah (2025) Strategi Perencanaan dan Pelaksanaan Event untuk Meningkatkan Usaha Herbal di Kampung Nagajaya. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (842kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (11MB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (465kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (359kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (183kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (181kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara dengan potensi bencana alam yang signifikan, terutama gempa bumi akibat posisinya di Cincin Api Pasifik. Daerah Lebak Selatan, termasuk Kampung Nagajaya, memiliki risiko megathrust yang membutuhkan mitigasi bencana yang terintegrasi. Sayangnya, masyarakat Kampung Nagajaya memiliki ekonomi yang rendah dan tidak memiliki ketahanan pangan dan memiliki mitigasi dan risiliensi yang rendah serta belum menyadari potensi pemasaran digital yang dapat dimanfaatkan untuk mengembangkan usaha herbal agar mendukung ketahanan masyarakat pascabencana dalam sisi ekonomi dan ketahanan pangan. Seminar bertajuk "Pemanfaatan Digital Marketing" dirancang sebagai upaya untuk memberikan edukasi dan meningkatkan kesadaran akan potensi ini. Teori Goldblatt dijadikan acuan dalam merancang seminar edukatif yang mencakup lima langkah penting dalam penyelenggaraan acara.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pemahaman masyarakat mengenai pemasaran digital dan potensi pemasaran digital dalam mengembangkan usaha herbal setelah mengikuti seminar. Namun, tantangan seperti rendahnya pemahaman terhadap materi baru dan gangguan eksternal mengindikasikan perlunya pendekatan berkelanjutan. Secara keseluruhan, seminar ini berperan signifikan dalam meningkatkan kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang potensi usaha herbal sekaligus mendukung keberlanjutan ekonomi lokal sebagai bagian dari mitigasi bencana yang tangguh. Hal ini dibuktikan dengan hasil pre-test dan post-test, di mana sebanyak 75% peserta mulai menyadari peluang usaha herbal yang dapat dipasarkan secara digital, sehingga memberikan dampak positif dalam mempersiapkan ketahanan ekonomi pascabencana.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Bencana Alam, Mitigasi Bencana, Pemasaran Digital, Seminar Pemanfaatan Digital Marketing. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Jan 2025 13:16 |
Last Modified: | 26 Jan 2025 13:16 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36094 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |