Gotama Hediyanto, Nathan (2025) Aktivitas KOL Specialist dan Marketing Communication Intern di Fantech World. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (256kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (92kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (102kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (655kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (42kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (56kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (51kB) |
Abstract
Laporan ini menyajikan hasil praktik kerja magang penulis sebagai KOL Specialist dan Marketing Communication Intern di Fantech World, sebuah perusahaan yang bergerak di bidang peralatan gaming. Pemilihan Fantech sebagai tempat kerja magang didasari oleh reputasinya yang kuat dalam industri gaming dan strategi pemasaran yang tepat, terutama melalui penggunaan influencer. Dalam penulisan laporan, penulis menggunakan konsep "The Four Step Influencer Marketing Framework" yang memuat 4 langkah menentukan langkah kerja pemasaran yakni pertama, mementukan objektif pemasaran; kedua, strategi kampanye; ketiga, kreativitas, kreator, dan konten; dan keempat, budget, target, dan media planning. Penulis memiliki peran utama sebagai seorang KOL Specialist dan juga beberapa peran tambahan seperti socmed specialist, marcomm, content talent, dan melakukan product training dengan distributor maupun KOL. Selama magang, penulis menghadapi beberapa kendala, seperti perbedaan budaya komunikasi dan tantangan dalam menjangkau audiens internasional. Untuk mengatasi masalah ini, penulis menerapkan pendekatan situasional dalam strategi komunikasi dan memanfaatkan platform media sosial secara efektif. Penulis menyimpulkan bahwa praktik kerja magang ini memberikan pengalaman yang bermanfaat dalam mengelola strategi pemasaran melalui kerja sama dengan influencer secara global, sekaligus meningkatkan keterampilan komunikasi dan adaptasi budaya yang berguna dalam industri gaming yang pesat ini.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Fantech World, Influencer Marketing, KOL Specialist |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Jan 2025 13:18 |
Last Modified: | 26 Jan 2025 13:18 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |