Arga Pramudya, Muhammad (2025) Peran Event and Promotional Executive pada PT Anumana Graha Cantika (Living World Alam Sutera). MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (578kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (504kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (798kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (3MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (262kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (247kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (795kB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
Industri pusat perbelanjaan di Indonesia sedang menghadapi tantangan besar pada tahun 2024 akibat penurunan daya beli masyarakat dan meningkatnya persaingan belanja daring. Berdasarkan data yang diungkapkan oleh Ketua Umum APBBI, tingkat okupansi mal dalam berada dalam angka staganan yaitu 80%, hal ini jauh dari terget yang seharusnya 90%. Perlu diketahui bahwa daya beli masyarakat menengah tengah mengalami penurunan, hal ini mendorong konsumen melakukan "downtrading"--pola belanja hemat dengan membeli produk berharga lebih rendah. Karena adanya hal ini, pertumbuhan kunjungan mal hanya mencapai 5% per tahun, jauh dibawah target 20-30%. Menurut laporan, tingkat okupansi mal pada wilayah Jakarta dan sekitarnya mengalami penurunan dengan rata-rata 77,79% pada kuartal I-2024. Penurunan terbesar terjadi pada mal grade B dan C sebesar 3,28%, sementara mal grade A mencatat kenaikan tipis sebesar 1,1%. Faktor utama yang memengaruhi tren ini meliputi dampak pandemi berkepanjangan, preferensi konsumen terhadap belanja daring, dan penurunan daya beli. Data ini menyoroti perlunya strategi inovatif dalam mengatasi dinamika pasar pusat perbelanjaan. Dalam hal ini penyelenggaran sesuatu hal yang tidak dapat ditawarkan oleh platform dari harus terus ditekankan oleh pihak Pusat perbelanjaan. Penyelengaraan yang dimaksud di sini adalah penyelenggaraan event secara rutin guna menarik perhatian para konsumen untuk meningkatkan traffic pada suatu pusat perbelanjaan. Divisi Event & Promotional Executive memiliki peranan yang krusial dalam menjaga kelangsungan hidup suatu pusat perbelanjaan.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Event & Promotional Executive, event, Industri Pusat perbelanjaan |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Jan 2025 13:28 |
Last Modified: | 26 Jan 2025 13:28 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36152 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |