Peran Event and Promotional Executive pada PT Anumana Graha Cantika (Living World Alam Sutera)

Arga Pramudya, Muhammad (2025) Peran Event and Promotional Executive pada PT Anumana Graha Cantika (Living World Alam Sutera). MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (578kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (504kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (798kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (262kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Industri pusat perbelanjaan di Indonesia sedang menghadapi tantangan besar pada tahun 2024 akibat penurunan daya beli masyarakat dan meningkatnya persaingan belanja daring. Berdasarkan data yang diungkapkan oleh Ketua Umum APBBI, tingkat okupansi mal dalam berada dalam angka staganan yaitu 80%, hal ini jauh dari terget yang seharusnya 90%. Perlu diketahui bahwa daya beli masyarakat menengah tengah mengalami penurunan, hal ini mendorong konsumen melakukan "downtrading"--pola belanja hemat dengan membeli produk berharga lebih rendah. Karena adanya hal ini, pertumbuhan kunjungan mal hanya mencapai 5% per tahun, jauh dibawah target 20-30%. Menurut laporan, tingkat okupansi mal pada wilayah Jakarta dan sekitarnya mengalami penurunan dengan rata-rata 77,79% pada kuartal I-2024. Penurunan terbesar terjadi pada mal grade B dan C sebesar 3,28%, sementara mal grade A mencatat kenaikan tipis sebesar 1,1%. Faktor utama yang memengaruhi tren ini meliputi dampak pandemi berkepanjangan, preferensi konsumen terhadap belanja daring, dan penurunan daya beli. Data ini menyoroti perlunya strategi inovatif dalam mengatasi dinamika pasar pusat perbelanjaan. Dalam hal ini penyelenggaran sesuatu hal yang tidak dapat ditawarkan oleh platform dari harus terus ditekankan oleh pihak Pusat perbelanjaan. Penyelengaraan yang dimaksud di sini adalah penyelenggaraan event secara rutin guna menarik perhatian para konsumen untuk meningkatkan traffic pada suatu pusat perbelanjaan. Divisi Event & Promotional Executive memiliki peranan yang krusial dalam menjaga kelangsungan hidup suatu pusat perbelanjaan.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Event & Promotional Executive, event, Industri Pusat perbelanjaan
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Jan 2025 13:28
Last Modified: 26 Jan 2025 13:28
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36152

Actions (login required)

View Item View Item