Anggreni, Valen (2025) Pengelolaan Event Peluncuran Program Afiliasi YouTube Shopping di Indonesia Oleh StarHits. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (633kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (262kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (284kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (121kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (136kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (54kB) |
Abstract
Industri kreatif dan digital di Indonesia terus mengalami perkembangan pesat, yang secara langsung berdampak pada meningkatnya perilaku pembelanjaan online. Mmelihat peluang tersebut YouTube meluncurkan program afiliasi YouTube Shopping untuk memperkenalkannya kepada audiens yang lebih luas, khususnya para pembuat konten dan merek. Penulis menggunakan pendekatan Manajemen Acara dalam seluruh tahap pelaksanaan program ini, mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Penerapan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan sekaligus penerapan strategi secara langsung melalui implementasi pada acara ini. Sebagai bagian dari strategi pelaksanaannya, terdapat Aktivasi Merek yang diwujudkan dalam bentuk workshop interaktif, bertujuan memberikan wawasan dan edukasi kepada peserta terkait manfaat dan peluang yang ditawarkan oleh program afiliasi ini. Selain itu, Gamifikasi diterapkan untuk mendorong keterlibatan peserta secara aktif, sehingga mereka terdorong untuk bergabung dalam program ini. Acara ini juga berfungsi sebagai platform matchmaking antara pembuat konten dan merek, menciptakan peluang kerja sama yang saling menguntungkan. Program ini tidak hanya memperkenalkan YouTube Shopping sebagai alat monetisasi baru, tetapi juga membuka ruang kolaborasi yang mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Secara keseluruhan, acara ini berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan, mulai dari berhasilnya para creator bergabung dalam program afiliasi hingga tingginya tingkat kepuasan yang tercermin melalui feedback form yang telah diisi.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Manajemen Acara, Aktivasi Merek, Gamifikasi, Workshop, Diskusi Panel, Matchmaking |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Jan 2025 13:29 |
Last Modified: | 26 Jan 2025 13:29 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |