Pengelolaan Event Peluncuran Program Afiliasi YouTube Shopping di Indonesia Oleh StarHits

Anggreni, Valen (2025) Pengelolaan Event Peluncuran Program Afiliasi YouTube Shopping di Indonesia Oleh StarHits. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (633kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (262kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (284kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (121kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (136kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (617kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (54kB)

Abstract

Industri kreatif dan digital di Indonesia terus mengalami perkembangan pesat, yang secara langsung berdampak pada meningkatnya perilaku pembelanjaan online. Mmelihat peluang tersebut YouTube meluncurkan program afiliasi YouTube Shopping untuk memperkenalkannya kepada audiens yang lebih luas, khususnya para pembuat konten dan merek. Penulis menggunakan pendekatan Manajemen Acara dalam seluruh tahap pelaksanaan program ini, mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Penerapan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan sekaligus penerapan strategi secara langsung melalui implementasi pada acara ini. Sebagai bagian dari strategi pelaksanaannya, terdapat Aktivasi Merek yang diwujudkan dalam bentuk workshop interaktif, bertujuan memberikan wawasan dan edukasi kepada peserta terkait manfaat dan peluang yang ditawarkan oleh program afiliasi ini. Selain itu, Gamifikasi diterapkan untuk mendorong keterlibatan peserta secara aktif, sehingga mereka terdorong untuk bergabung dalam program ini. Acara ini juga berfungsi sebagai platform matchmaking antara pembuat konten dan merek, menciptakan peluang kerja sama yang saling menguntungkan. Program ini tidak hanya memperkenalkan YouTube Shopping sebagai alat monetisasi baru, tetapi juga membuka ruang kolaborasi yang mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia. Secara keseluruhan, acara ini berhasil mencapai tujuan yang telah ditetapkan oleh perusahaan, mulai dari berhasilnya para creator bergabung dalam program afiliasi hingga tingginya tingkat kepuasan yang tercermin melalui feedback form yang telah diisi.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Manajemen Acara, Aktivasi Merek, Gamifikasi, Workshop, Diskusi Panel, Matchmaking
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 26 Jan 2025 13:29
Last Modified: 26 Jan 2025 13:29
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36156

Actions (login required)

View Item View Item