Vega Pratama, Brillians (2025) Aktivitas Product Marketing Analyst di GMF AeroAsia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (502kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (797kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (339kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
Industri penerbangan yang berkembang, armada yang berkembang, dan meningkatnya permintaan perjalanan udara di Asia Pasifik mendorong kenaikan pesat pasar perawatan, perbaikan, dan overhaul (MRO). Perkembangan lingkungan bisnis yang terjadi secara dinamis menuntut setiap pelaku bisnis untuk selalu beradaptasi dengan pola perubahan yang ada agar tetap kompetitif. Praktik kerja magang di PT Garuda Maintenance Facility AeroAsia (GMF AeroAsia) bertujuan untuk memberikan pengalaman praktis dalam bidang komunikasi pemasaran, khususnya sebagai Product Marketing Analyst. Selama 100 hari magang, penulis terlibat dalam riset industri Maintenance, Repair, and Overhaul (MRO), penyusunan kalender acara, analisis kompetitor, perencanaan pra-event, desain materi promosi, serta evaluasi vendor untuk pameran internasional. Penulis juga mendukung strategi komunikasi perusahaan melalui pembuatan brosur baru dan pengelolaan media digital. Magang ini memungkinkan penerapan teori seperti Integrated Marketing Communication, Special Event & Brand Activation, Digital Photographic, dan Customer Relationship Management ke dalam praktik nyata, sekaligus mengembangkan soft skills (komunikasi, manajemen waktu) dan hard skills (desain grafis, analisis data). Kendala seperti komunikasi internal yang kurang efektif dan pembagian tugas yang kurang jelas diatasi dengan teknologi kolaborasi digital dan sistem dokumentasi terpusat. Hasil magang memberikan wawasan mendalam tentang industri MRO global dan memperkuat kemampuan penulis dalam strategi pemasaran berbasis data.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Customer Relationship Management, Integrated Marketing Communication (IMC), Marketing Strategy, Event marketing |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 13:03 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 13:03 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36172 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |