Luisa, Shabelita (2025) Perancangan Board Game Tsunara sebagai Media Pembelajaran pada Kegiatan Sobat Siaga Tsunami Bagi Siswa SDN 3 Situregen. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (771kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (368kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (446kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (531kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (288kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (259kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (892kB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Berdasarkan data yang disampaikan oleh BNPB mengenai dampak bencana terhadap kelompok rentan, dapat disimpulkan bahwa kelompok anak-anak merupakan kelompok yang sangat rentan terhadap bencana alam khususnya di Indonesia yang dikenal sebagai negara dengan tingkat kerawanan bencana yang tinggi. BNPB juga memaparkan bahwa sebagian besar korban yang meninggal atau hilang saat bencana adalah anak-anak. Kelompok anak-anak menjadi kelompok yang paling rentan karena keterbatasan mereka, baik secara fisik maupun mental karena anak-anak merupakan kelompok yang masih berada dalam masa pertumbuhan dan perkembangan. Selain itu, anak-anak juga sangat bergantung pada orang dewasa untuk mendapatkan perlindungan dan dukungan. Oleh karena itu, penting untuk memberikan edukasi mengenai kesiapsiagaan bencana kepada mereka. Salah satu upaya yang dilakukan untuk memberikan pemahaman kepada anak-anak adalah dengan mengadakan proyek yang menyajikan materi mitigasi bencana melalui media pembelajaran yang menyenangkan dan interaktif, seperti board game. Melalui board game ini, diharapkan anak-anak dapat belajar bagaimana cara menghadapi situasi yang mungkin terjadi saat bencana melanda. Pendekatan interaktif ini diharapkan dapat meningkatkan minat dan semangat anak- anak dalam belajar, sehingga daya ingat mereka terhadap materi yang disampaikan dapat meningkat. Proyek ini, yang dilaksanakan di SDN 3 Situregen untuk siswa kelas 5, bertujuan untuk mengajarkan anak-anak tentang pentingnya kesiapsiagaan bencana dan memberikan pemahaman mengenai nilai-nilai untuk saling membantu saat bencana terjadi. Hasil evaluasi menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan dan kesadaran anak-anak mengenai pentingnya kesiapsiagaan dan kerja sama dalam menghadapi bencana.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Board game, Gugus Mitigasi Lebak Selatan, Komunikasi Bencana, Manajemen Proyek, Media Pembelajaran, |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 13:09 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 13:09 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36201 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |