Syifa Indrayana, Aurelia (2025) Perancangan Kampanye Digital Change Begins with You pada Instagram untuk Meningkatkan Kesadaran terhadap Permasalahan Gen Z. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (648kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (182kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (255kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (176kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (131kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (135kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (425kB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Generasi Z merupakan generasi yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Generasi ini lahir di generasi yang sudah terbiasa menggunakan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari, seperti penggunaan media sosial. Generasi Z tumbuh erat dengan perkembangan teknologi yang menuntut mereka untuk terbiasa hidup di lingkungan yang serba cepat. Kampanye digital ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap tantangan dan masalah kehidupan generasi Z, seperti persaingan di dunia kerja, ekspektasi sosial, yang membuat mereka merasa tertekan untuk memenuhi harapan-harapan banyak orang, hingga munculah kecemasan yang menimbulkan, quarter-life crisis, toxic positivity hingga tidak percaya diri. Penelitian ini menggunakan metode analis SOSTAC sebagai kerangka analisis pemasaran digital. Generasi Z usia 17-25 tahun menjadi fokus kampanye yang memanfaatkan Instagram sebagai platform utama. Konten dalam kampanye ini dibuat dalam bentuk edutainment dan terbagi menjadi beberapa pilar, yaitu Education, Inspiration. Community, dan Activity yang terbagi dalam beberapa sub- pilar. Kampanye ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan mendorong audiens untuk melakukan suatu langkah kecil yang dapat berdampak besar bagi diri sendiri dan banyak orang. Keberhasilan dari kampanye ini dilihat dari peningkatan jumlah pengikut, jangkauan (reach), keterlibatan (engagement) dan interaksi yang dilihat dari insight Instagram Cretivox Creative Community serta melakukan pengumpulan data melalui kuesioner untuk mengukur keberhasilan lewat audiens.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Generasi Z, Permasalahan Generasi Z, Kampanye Digital, Perubahan Diri Sendiri |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 13:11 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 13:11 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36211 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |