Perancangan Kampanye Digital Change Begins with You pada Instagram untuk Meningkatkan Kesadaran terhadap Permasalahan Gen Z.

Syifa Indrayana, Aurelia (2025) Perancangan Kampanye Digital Change Begins with You pada Instagram untuk Meningkatkan Kesadaran terhadap Permasalahan Gen Z. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (648kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (182kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (255kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (176kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (131kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (135kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (425kB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Generasi Z merupakan generasi yang lahir antara tahun 1997 hingga 2012. Generasi ini lahir di generasi yang sudah terbiasa menggunakan teknologi informasi dalam kehidupan sehari-hari, seperti penggunaan media sosial. Generasi Z tumbuh erat dengan perkembangan teknologi yang menuntut mereka untuk terbiasa hidup di lingkungan yang serba cepat. Kampanye digital ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran terhadap tantangan dan masalah kehidupan generasi Z, seperti persaingan di dunia kerja, ekspektasi sosial, yang membuat mereka merasa tertekan untuk memenuhi harapan-harapan banyak orang, hingga munculah kecemasan yang menimbulkan, quarter-life crisis, toxic positivity hingga tidak percaya diri. Penelitian ini menggunakan metode analis SOSTAC sebagai kerangka analisis pemasaran digital. Generasi Z usia 17-25 tahun menjadi fokus kampanye yang memanfaatkan Instagram sebagai platform utama. Konten dalam kampanye ini dibuat dalam bentuk edutainment dan terbagi menjadi beberapa pilar, yaitu Education, Inspiration. Community, dan Activity yang terbagi dalam beberapa sub- pilar. Kampanye ini diharapkan dapat memberikan motivasi dan mendorong audiens untuk melakukan suatu langkah kecil yang dapat berdampak besar bagi diri sendiri dan banyak orang. Keberhasilan dari kampanye ini dilihat dari peningkatan jumlah pengikut, jangkauan (reach), keterlibatan (engagement) dan interaksi yang dilihat dari insight Instagram Cretivox Creative Community serta melakukan pengumpulan data melalui kuesioner untuk mengukur keberhasilan lewat audiens.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Generasi Z, Permasalahan Generasi Z, Kampanye Digital, Perubahan Diri Sendiri
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 30 Jan 2025 13:11
Last Modified: 30 Jan 2025 13:11
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36211

Actions (login required)

View Item View Item