Zanetha Halim, Irene (2025) Peran Community Specialist dalam Aktivitas Komunikasi Pemasaran melalui Pengelolaan Komunitas Brand Mad for Makeup, PT Maju Anak Dunia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (635kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (211kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (305kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (142kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (133kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
Praktik kerja magang dilakukan sebagai community intern yang ada di bawah divisi community, departemen marketing pada Mad For Makeup, sebuah brand kosmetik dan kecantikan di bawah naungan PT Maju Anak Dunia. Latar belakang pemilihan tempat magang adalah semakin bertumbuhnya tren kosmetik di tengah kehidupan konsumen saat ini, dan Mad For Makeup merupakan salah satu brand lokal pendatang yang berhasil mencuri perhatian masyarakat di dunia kosmetik dikarenakan produk dan pemasaran uniknya. Tujuan dari kerja magang ini adalah untuk mengimplementasikan konsep marketing communication khususnya melalui komunitas dari sebuah brand sebagai salah satu sarana marketing communication pada perusahaan tempat kerja magang. Deskripsi pekerjaan community intern adalah melakukan riset, penyusunan objektif, strategi, hingga taktik dan diturunkan dalam sebuah community activity plan, aktivitas ini terbagi ke beberapa jenis seperti challenges, class, giveaway, event, sales promotion, dan lainnya yang diterapkan khusus untuk komunitas. KPI yang digunakan dalam memantau kinerja selama praktik kerja magang adalah jumlah pendatang baru pada komunitas, kebahagiaan yang dirasakan community members, hingga word of mouth yang dapat dilihat dari total mention pada media sosial community. Konsep yang digunakan dalam laporan magang ini adalah konsep Customer Relationship Management (CRM) yang khususnya membantu penulis dalam membangun hubungan dengan konsumen dan mengelola komunitas. Kendala utama dalam proses kerja magang adalah penyesuaian berbagai jenis job description yang luas dan membutuhkan beberapa kemampuan berbeda. Setelah dilakukan aktivitas magang selama 640 jam kerja, didapatkan kesimpulan bahwa brand community memiliki peranan penting dalam membantu aktivitas komunikasi pemasaran suatu brand, di mana komunitas dapat mendukung brand loyalty secara positif, meningkatkan word of mouth, hingga meningkatkan sales dikarenakan repurchase dari anggota komunitas.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Marketing Communication, Customer Relationship Management, Community Specialist, Brand Community |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 30 Jan 2025 13:12 |
Last Modified: | 30 Jan 2025 13:12 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36217 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |