Strategi Komunikasi Pemasaran Kafe "Tempat Ngupi"

Archinina Ivanka Waas, Archinina Ivanka Waas (2025) Strategi Komunikasi Pemasaran Kafe "Tempat Ngupi". Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (773kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (298kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (450kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (313kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (311kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (290kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Industri kuliner khususnya kafe telah mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Persaingan yang semakin ketat pada industri ini menuntut setiap pelaku usaha untuk menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang efektif Namun, tantangan dalam menyusun strategi komunikasi pemasaran tidak hanya terletak pada media yang digunakan, tetapi juga pada bagaimana pesan disampaikan secara konsisten dan relevan dengan target pasar. Tempat Ngupi merupakan salah satu kafe yang berdiri sejak 2019 dan selalu berupaya memulihkan diri dari berbagai tantangan yang dihadapinya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh kafe Tempat Ngupi. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif metode studi kasus dengan pengumpulan data melalui teknik coding, dengan konsep Strategi Komunikasi Pemasaran dan Marketing Communication Mix sebagai kerangka analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Tempat Ngupi berhasil memanfaatkan strategi komunikasi pemasaran melalui penerapan strategi komunikasi pemasaran dan Marketing Communication Mix secara efektif meskipun dengan keterbatasan anggaran pemasaran. Strategi utama mereka berfokus pada Word of Mouth (WoM) sebagai pilar promosi. Keberhasilan Tempat Ngupi membuktikan bahwa pendekatan personal, pengelolaan hubungan pelanggan yang efektif, serta inovasi dalam event dan kolaborasi menjadi kunci dalam menjalankan strategi komunikasi pemasaran dalam membangun loyalitas dan keberlanjutan bisnis.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: strategi komunikasi pemasaran, marketing communication mix, word of mouth.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 31 Jan 2025 11:04
Last Modified: 31 Jan 2025 11:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36239

Actions (login required)

View Item View Item