Pricilla, Sofhie (2025) Strategi Social Media Marketing Instagram Cornetto Indonesia untuk Memaksimalkan Brand Engagement (Studi Kasus Celebrity Endorser Cha Eun-Woo). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (830kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (765kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (458kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (182kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (703kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (167kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (151kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (716kB) |
Abstract
Data Statista pada tahun 2024 menunjukan bahwa pasar es krim di Indonesia mengalami pertumbuhan yang sangat lambat, dipengaruhi oleh faktor-faktor seperti meningkatnya persaingan, perubahan preferensi konsumen, dan peraturan yang ketat. Ditengah tantangan ini, platform media sosial menjadi sarana strategis dalam melaksanakan strategi social media marketing. Cornetto ikut memanfaatkan media sosial Instagram untuk mempromosikan produk mereka dan berhasil meningkatkan engagement rate sebesar 314%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui memiliki bagaimana strategi social media marketing yang digunakan oleh Cornetto Indonesia dalam upaya memaksimalkan brand engagement di Instagram dalam memanfaatkan celebrity endorser dengan menggunakan konsep social media marketing. Penelitian ini bersifat kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus menggunakan paradigma post-positivistik. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara dengan pihak yang secara aktif mengelola media sosial Instagram @cornetto_idn. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Cornetto memanfaafkan celebrity endorser Cha Eun-Woo untuk memaksimalkan brand engagement melalui strategi social media marketing berupa konten interaktif terkait Cha Eun-Woo di Instagram, strategi Social First agar konsumen merasa lebih dekat dengan Cha Eun-Woo melalui Instagram Cornetto, dan konten giveaway tiket yang mempertemukan konsumen dengan Cha Eun-Woo. Cornetto telah melakukan tahapan social media marketing yang baik dan memenuhi kesesuaian celebrity endorser berdasarkan indikator model VisCAP sehingga bisa mendapatkan hasil akhir yang baik seperti adanya respons positif baik yang menghasilkan peningkatan engagement rate serta followers.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Social Media Marketing, Celebrity Endorser, Instagram, Brand Engagement, Cornetto |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 01 Feb 2025 11:08 |
Last Modified: | 01 Feb 2025 11:08 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36262 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |