Pemanfaatan Media Sosial dalam Perusahaan E-Cigarettes: Studi Kasus Media Sosial Instagram Jakarta Vapers

Rustianto, Jerryvio (2025) Pemanfaatan Media Sosial dalam Perusahaan E-Cigarettes: Studi Kasus Media Sosial Instagram Jakarta Vapers. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (522kB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (270kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (336kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (144kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (313kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (119kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (200kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi digital dan meningkatnya penggunaan media sosial telah membuka peluang baru bagi startup untuk bersaing di dunia bisnis, salah satunya dalam industri seperti e-cigarettes. Meskipun, media sosial menawarkan potensi besar untuk meningkatkan interaksi dengan pelanggan dan membangun kesadaran merek, tetapi masih ada ketidaksesuaian antara potensi ini dan implementasi yang terjadi di lapangan. Selain itu, terdapat kekurangan studi mengenai strategi komunikasi pemasaran e-cigarettes, meskipun investasi di media sosialnya yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh Jakarta Vapers dalam platform media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan wawancara sebagai metode pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Jakarta Vapers sebagai komunitas adalah strategi pembeda dengan kompetitor dan diferensiasi produk merupakan upaya inovasi yang dilakukan Jakarta Vapers. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Jakarta Vapers menerapkan strategi pembangunan komunitas, dan diferensiasi produk dan dikominasikan dengan strategi soft-selling. Penelitian ini menambah pengetahuan tentang strategi komunikasi pemasaran di industri e-cigarettes, yang masih sedikit dibahas dan hasil penelitian dapat digunakan oleh perusahaan e-cigarettes dan startup lain sebagai panduan dalam merancang dan menerapkan strategi komunikasi pemasaran melalui media sosial, khususnya Instagram, untuk meningkatkan keterlibatan merek dan penjualan.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Strategi Komunikasi Pemasaran, e-cigarettes, startup company, dan media sosial.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 01 Feb 2025 11:10
Last Modified: 01 Feb 2025 11:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36274

Actions (login required)

View Item View Item