Fernando, Wilson (2025) Strategi Pesan Komunikasi Pemasaran dalam Membangun Brand Engagement pada Akun Instagram @SANTO_SURUH. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (317kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (539kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (262kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (149kB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) |
![]() |
PDF
BAB_V.pdf Download (121kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (184kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (952kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi pesan komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh akun Instagram @santo_suruh dalam membangun brand engagement. Mengingat peran penting media sosial, khususnya Instagram, dalam komunikasi pemasaran digital, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana konten yang autentik dan relevan dapat meningkatkan interaksi antara merek dan audiens. Dengan menggunakan pendekatan konten visual dan interaksi dua arah, penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang efektivitas strategi pemasaran dalam memperkuat hubungan emosional dan meningkatkan loyalitas konsumen terhadap merek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dan studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur dan dianalisis menggunakan teknik Pattern Matching. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa @santo_suruh berhasil menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang terintegrasi melalui berbagai kanal, seperti event, public relations (PR), dan direct marketing, dengan pendekatan yang autentik dan personal. Pendekatan ini terbukti efektif dalam membangun kedekatan emosional antara merek dan audiens, serta memperkuat citra positif merek. Pemanfaatan fitur-fitur Instagram, seperti Reels, Stories, dan Live, memungkinkan penyampaian pesan pemasaran yang relevan dan menarik kepada audiens yang telah disegmentasi, yang berkontribusi pada peningkatan brand engagement dan brand awareness. Selanjutnya, strategi yang mengutamakan tiga dimensi utama dalam membangun brand engagement mampu menciptakan hubungan yang lebih mendalam dengan audiens, mendorong loyalitas, serta membangun kepercayaan terhadap merek.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Brand Engagement, Instagram, Strategi Pesan Komunikasi |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 01 Feb 2025 11:11 |
Last Modified: | 01 Feb 2025 11:11 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36276 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |