Athaya Maharani, Khalisha (2025) Peran Copywriter dalam Divisi Customer Relationship Management di PT Gramedia Asri Media. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (501kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (188kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (298kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (1MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (181kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (178kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (7MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (52kB) |
Abstract
Latar belakang pemilihan tempat magang adalah pesatnya perkembangan industri penerbit serta pentingnya penerapan strategi komunikasi pelanggan pada suatu perusahaan. Tujuan dari kerja magang ini adalah mengimplementasikan konsep copywriting dalam mendukung strategi Customer Relationship Management (CRM). Perusahaan yang menjadi tempat kerja magang adalah PT Gramedia Asri Media, unit bisnis di bawah Kompas Gramedia yang berfokus pada retail buku dan edukasi. Posisi yang dipilih dalam aktivitas magang adalah copywriter di Divisi Customer Relationship Management. Pekerjaan sebagai copywriter yaitu membuat materi promosi melalui WhatsApp blast, sketsa email, dan konten media sosial untuk meningkatkan loyalitas pelanggan. Konsep yang digunakan dalam laporan ini adalah konsep copywriting menurut Maslen, Diamond, dan Albrighton. Serta konsep konten menurut Kotler dan event management menurut Dawson & Bassett. Kendala utama dalam proses magang adalah perbedaan antara gaya penulisan di berbagai media. Setelah dilakukan aktivitas magang selama tujuh puluh delapan hari, didapatkan kesimpulan bahwa copywriting media digital memerlukan penyesuaian gaya bahasa yang lebih singkat, menarik, dan interaktif agar dapat menjangkau audiens dengan lebih efektif.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Copywriting, Customer Relationship Management, loyalitas pelanggan. |
Subjects: | 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 01 Feb 2025 13:21 |
Last Modified: | 01 Feb 2025 13:21 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36343 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |