Kontribusi Quality Assurance dalam Meningkatkan Kualitas Aplikasi Alfagift di PT Global Loyalty Indonesia

Wulen Nedabang, Margareta (2025) Kontribusi Quality Assurance dalam Meningkatkan Kualitas Aplikasi Alfagift di PT Global Loyalty Indonesia. MBKM Report, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (822kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (3MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (6MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (168kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (52kB)

Abstract

Kemajuan teknologi digital telah mengubah cara hidup masyarakat, termasuk meningkatnya penggunaan smartphone dan aplikasi belanja online. Salah satunya adalah Alfagift, aplikasi resmi dari Alfamart yang dikembangkan oleh PT Global Loyalty Indonesia, dirancang untuk memberikan pengalaman belanja yang praktis dan efisien. Untuk mendukung pengembangan aplikasi ini, perusahaan membuka peluang magang di bidang Quality Assurance, memberikan mahasiswa kesempatan untuk terlibat dalam proses pengujian aplikasi. Selama magang, berbagai tugas dilakukan dalam konteks pengujian aplikasi Alfagift. Berbagai proyek yang dikerjakan diantaranya adalah E-SIM, tooltip dan blue banner giftcard, migrasi AWS ke GCP untuk produk e-service, serta edit quantity voucher giftcard > 1. Keempat proyek tersebut dilaksanakan selama periode magang yang berlangsung enam bulan. Hasil dari magang ini menunjukkan peningkatan efisiensi dalam proses pengujian aplikasi oleh divisi Quality Assurance. Pengujian fungsional memastikan keandalan aplikasi dan mendukung operasional perusahaan. Pembuatan skenario pengujian serta identifikasi bug membantu meningkatkan kualitas produk secara keseluruhan. Pengalaman ini memberikan wawasan berharga dalam analisis pengujian perangkat lunak serta pengelolaan kualitas produk digital.

Item Type: Technical Report (MBKM Report)
Creators: Wulen Nedabang, Margareta (00000059246)
Contributors: Natalia, Friska (0306128307)
Keywords: E-commerce, Alfagift, Pengujian, Perangkat Lunak, Quality Assurance
Subjects: 000 Computer Science, Information and General Works > 000 Computer Science, Knowledge and Systems > 004 Computer Science, Data Processing, Hardware > 004.2 Systems Analysis and Design, Information Architecture, Performance Evaluation
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
Date Deposited: 02 Feb 2025 13:10
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36380

Actions (login required)

View Item View Item