Perancangan Dashboard Visual Analytics terhadap Penjualan di PT Hidden Digital Indonesia

Filemon Siregar, Fritz (2025) Perancangan Dashboard Visual Analytics terhadap Penjualan di PT Hidden Digital Indonesia. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (322kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (2MB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (20MB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (255kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (241kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)
[img] PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf

Download (53kB)

Abstract

Kemajuan teknologi informasi yang pesat telah memberikan peluang besar bagi perusahaan digital, termasuk PT Hidden Digital Indonesia, yang berfokus pada penjualan produk game online, voucher, pulsa, dan aplikasi hiburan. Optimalisasi data menjadi elemen kunci bagi perusahaan untuk memahami pasar, meningkatkan pengalaman pengguna, serta merancang strategi bisnis yang efektif. Namun, PT Hidden Digital Indonesia belum sepenuhnya memanfaatkan potensi optimalisasi data melalui implementasi dashboard visual analytics. Proses pengambilan keputusan masih bergantung pada metode manual yang kurang efisien, sehingga menghambat analisis data secara real-time dan berbasis visual. Oleh karena itu, program magang mahasiswa Universitas Multimedia Nusantara di PT Hidden Digital sebagai data analyst intern bertujuan mendukung pengelolaan, analisis, dan visualisasi data, khususnya dalam pembuatan dashboard visual analytics. Metode yang digunakan melibatkan pengolahan data melalui tahapan ETL menggunakan berbagai dataset, seperti dataset penjualan, dataset member, dan dataset top-up saldo akun. Proses ini memastikan kualitas data yang optimal sebelum divisualisasikan menggunakan dashboard interaktif berbasis Looker Studio. Dashboard yang telah dibuat adalah dashboard sales dan dashboard monthly sales report. Dashboard tersebut memfasilitasi pemantauan kinerja bisnis, analisis perilaku pengguna, serta evaluasi efektivitas strategi pemasaran dengan menyajikan data dalam format yang mudah dipahami. Hasil dari pengembangan dashboard telah berdampak baik bagi perusahaan terutama untuk peningkatan konsisten dalam penjualan HiddenGame dan peran data analyst intern telah memenuhi ekspektasi dan kebutuhan perusahaan. Program magang ini memberikan pengalaman berharga dalam penerapan analisis data untuk pengambilan keputusan berbasis data yang strategis.

Item Type: Thesis (MBKM)
Keywords: Data Analyst Intern, Dashboard, Penjualan, Produk Game Online
Subjects: ?? T70 ??
Divisions: Faculty of Engineering & Informatics > Information System
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 02 Feb 2025 13:14
Last Modified: 02 Feb 2025 13:14
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36388

Actions (login required)

View Item View Item