Pengaruh Source Credibility terhadap Information Usefulness dan Information Satisfaction pada Media Sosial Den Dimas (Studi pada Kalangan Penggemar Otomotif di Tangerang Selatan)

Daniswara, Kevin (2025) Pengaruh Source Credibility terhadap Information Usefulness dan Information Satisfaction pada Media Sosial Den Dimas (Studi pada Kalangan Penggemar Otomotif di Tangerang Selatan). Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.

[img] PDF
HALAMAN_AWAL.pdf

Download (1MB)
[img] PDF
BAB_I.pdf

Download (774kB)
[img] PDF
BAB_II.pdf

Download (158kB)
[img] PDF
BAB_III.pdf

Download (234kB)
[img] PDF
BAB_IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB)
[img] PDF
BAB_V.pdf

Download (106kB)
[img] PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf

Download (176kB)
[img] PDF
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah perilaku konsumen dalam mencari informasi. Media sosial, khususnya YouTube, menjadi salah satu platform yang paling populer untuk mencari informasi dan hiburan. Channel-channel YouTube seperti Den Dimas telah menjadi sumber informasi otomotif yang populer di kalangan penggemar otomotif di Indonesia. Dengan meningkatnya jumlah konten kreator otomotif di YouTube, kepercayaan pengguna terhadap informasi yang disajikan menjadi sangat penting. Kredibilitas sumber informasi (source credibility) memainkan peran kunci dalam menentukan kegunaan dan kepuasan informasi bagi pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh source credibility terhadap information usefulness dan information satisfaction pada media sosial YouTube, khususnya channel Youtube Den Dimas, pada kalangan penggemar otomotif di Tangerang Selatan. Metode penelitian menggunakan metode kuantitatif dengan menyebar survei secara online dengan sampel 325 responden. Hasil penelitian ini menunjukan terdapat pengaruh source credibility terhadap information usefulness dalam channel Youtube Den dimas. Artinya semakin tinggi source credibility, maka akan semakin meningkatkan information usefulness. Terdapat pengaruh source credibility terhadap information satisfaction dalam channel youtube Den Dimas. Artinya semakin tinggi source credibility, maka akan semakin meningkatkan information satisfaction.

Item Type: Thesis (Bachelor Thesis)
Keywords: Source Credibility, Information Usefulness, Information Satisfaction, Media Sosial YouTube, Penggemar Otomotif.
Subjects: 300 Social Sciences > 300 Social sciences, sociology and anthropology > 302 Social interaction, Interpersonal interaction > 302.2 Communication
Divisions: Faculty of Communication > Strategic Communication
SWORD Depositor: Administrator UMN Library
Depositing User: Administrator UMN Library
Date Deposited: 04 Feb 2025 11:04
Last Modified: 04 Feb 2025 11:04
URI: https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36439

Actions (login required)

View Item View Item