Nazara, Laurentius Faomasi (2019) Komodifikasi Tenaga Kerja di Era Konvergensi: Studi Kasus PT Media Nusantara Citra Tbk. Bachelor Thesis thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
Text
HALAMAN AWAL.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (2MB) |
![]() |
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (870kB) |
![]() |
Text
BAB I.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (1MB) |
![]() |
Text
BAB III.pdf Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (7MB) |
![]() |
Text
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (672kB) |
![]() |
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial No Derivatives. Download (937kB) |
Abstract
Industri pertelevisian berkembang pesat sejak demokratisasi informasi dan terbukanya kesempatan untuk membuka pasar media yang luas. Potensi ini dimanfaatkan oleh korporasi untuk merambah ke sektor bisnis media dengan melakukan penanaman saham dan penggabungan media. Dalam perkembangannya, cara ini berubah dengan cara merger dan akuisisi untuk membentuk konglomerasi media yang lebih besar. Salah satu perusahaan yang melakukan konglomerasi media yakni PT Media Nusantara Citra Tbk. dengan kepemilikan terhadap 4 televisi free to air yakni RCTI, GTV, MNC TV, dan iNews. Masuknya pemilik modal terhadap media tidak terlepas dari kepentingan ekonomi dan politik. Perusahaan melakukan cara-cara baru untuk menambah pundi-pundi uang dengan mempraktikan komodifikasi. Salah satunya yakni dengan penggabungan media atau konvergensi media. Peneliti melihat adanya praktik komodifikasi terhadap tenaga kerja media yang bernaung pada PT Media Nusantara Citra Tbk melalui beberapa dokumentasi yang menunjukkan adanya kesamaan berita yang diproduksi oleh wartawan, namun muncul di dua media yang berbeda. Indikasi ini menjadi permasalahan yang diangkat oleh peneliti dengan melakukan penelitian terhadap praktik komodifikasi tenaga kerja media dalam konglomerasi media, dengan perspektif ekonomi politik. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi kasus. Peneliti menganalisis empat elemen yang menunjukkan bahwa tenaga kerja telah terkomodifikasi untuk melihat bagaimana komodifikasi itu terjadi. Serta bagaimana budaya kapitalisme baru menjadi sistem yang digunakan perusahaan untuk melakukan komodifikasi. Peneliti menemukan bahwa wartawan dikomodifikasi untuk kepentingan perusahaan media. Komodifikasi yang dialami wartawan berupa upah rendah, waktu kerja, serta mistifikasi wartawan yang kemudian dimanfaatkan media dengan melakukan konvergensi.
Item Type: | Thesis (Bachelor Thesis) |
---|---|
Keywords: | Komodifikasi wartawan, kapitalisme baru, kesadaran palsu |
Subjects: | 300 Social Sciences 300 Social Sciences > 330 Economics > 331 Labor Economics |
Divisions: | Faculty of Communication > Strategic Communication |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 26 Feb 2025 03:21 |
Last Modified: | 26 Feb 2025 03:21 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/36668 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |