Felisya Putri Wibowo, Arlynandhita (2025) Pengembangan Sistem Pemantauan Pelatihan Peserta Magang Bakti dan Pengelolaan Laporan di PT Bank Central Asia, Tbk. MBKM thesis, Universitas Multimedia Nusantara.
![]() |
PDF
HALAMAN_AWAL.pdf Download (433kB) |
![]() |
PDF
BAB_I.pdf Download (282kB) |
![]() |
PDF
BAB_II.pdf Download (302kB) |
![]() |
PDF
BAB_III.pdf Download (2MB) |
![]() |
PDF
BAB_IV.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) |
![]() |
PDF
DAFTAR_PUSTAKA.pdf Download (251kB) |
![]() |
PDF
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
![]() |
PDF
LEMBAR_PENGESAHAN.pdf Download (53kB) |
Abstract
Pertumbuhan nilai kredit dan dana perbankan memiliki hubungan erat dengan perkembangan ekonomi suatu negara. PT Bank Central Asia, Tbk, sebagai perusahaan perbankan swasta terbesar di Indonesia, berkomitmen untuk berperan sebagai pilar penting dalam mendukung perekonomian nasional. Dalam mewujudkan komitmen tersebut, perusahaan terus mendorong digitalisasi untuk meningkatkan efisiensi, daya saing, dan kualitas layanan di industri perbankan. Sebagai salah satu wujud implementasi digitalisasi, dikembangkan Super App MIRA (MIS Integrated Reporting Application), sebuah aplikasi berbasis web yang dirancang menggunakan teknologi low- code. Aplikasi ini memungkinkan akses laporan secara real-time dan pengelolaan laporan yang lebih terstruktur, sehingga mendukung pengambilan keputusan yang lebih cepat dan akurat. Selain itu, digitalisasi juga diterapkan untuk meningkatkan efisiensi pada proses internal, termasuk pengelolaan sumber daya manusia. Salah satu permasalahan yang dihadapi adalah pemantauan pelatihan peserta Magang Bakti, yang sebelumnya dilakukan secara manual menggunakan Excel. Proses ini dinilai kurang efisien dan berpotensi menghambat kelancaran pelatihan. Untuk mengatasi masalah tersebut, dikembangkan Dashboard Magang Bakti, sebuah sistem otomatis yang memperbarui data melalui job scheduling bulanan. Dashboard ini mempermudah monitoring pelatihan dan memastikan setiap peserta mengikuti jadwal yang telah ditentukan. Dengan kedua inisiatif ini, PT Bank Central Asia, Tbk berhasil meningkatkan efisiensi operasional, mendukung pengembangan sumber daya manusia, dan mengoptimalkan pengelolaan data, sehingga mendukung inovasi dan daya saing di sektor perbankan.
Item Type: | Thesis (MBKM) |
---|---|
Keywords: | Management Information System (MIS), otomasi dashboard, low-code |
Subjects: | ?? T70 ?? |
Divisions: | Faculty of Engineering & Informatics > Information System |
SWORD Depositor: | Administrator UMN Library |
Depositing User: | Administrator UMN Library |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 13:09 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 13:09 |
URI: | https://kc.umn.ac.id/id/eprint/37193 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |